Penerapan Analisis Biaya Kualitas Dalam Rangka Meningkatkan Efektivitas Pengelolaan Kualitas Pada PT Warna Warni Media Di Surabaya

WIDJAJA, MARGARET (2012) Penerapan Analisis Biaya Kualitas Dalam Rangka Meningkatkan Efektivitas Pengelolaan Kualitas Pada PT Warna Warni Media Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_3146_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_3146_Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230457

Abstract

PT Warna Warni Media mengalami persaingan yang ketat. Ada beberapa badan usaha di Surabaya yang menawarkan berbagai jenis reklame outdoor yang hampir sama dengan yang ditawarkan oleh PT Warna Warni Media. Salah satu faktor yang membuat PT Warna Warni Media lebih unggul dibandingkan pesaing-pesaing lainnya yang bergerak dalam industri yang sama adalah PT Warna Warni Media memiliki ijin pemasangan reklame di beberapa titik lokasi yang strategis di Surabaya. Meskipun PT Warna Warni Media memiliki keunggulan dalam bersaing dengan memiliki banyak tempat yang strategis, namun apabila tidak diimbangi dengan pemberian layanan yang memadai untuk memuaskan kepuasan pelanggan, maka para pelanggan dapat beralih pada perusahaan lain yang menawarkan jenis reklame yang sama. Penelitian ini bertjuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan analisis biaya kualitas dapat meningkatkan pendapatan di PT Warna Warni Media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode interview, observasi, dan analisis dokumen. Periode pengambilan data untuk menyusun laporan biaya kualitas akan menggunakan data mulai bulan Januari hingga Desember 2010. Untuk menghitung total biaya kualitas di PT Warna Warni Media, penulis menggunakan langkah-langkah dalam menyusun laporan biaya kualitas secara sistematis menurut Hongren et al. Temuan penelitian menunjukan bahwa selama ini PT Warna Warni Media telah melakukan upaya-upaya untuk mengelola produknya dengan baik. Namun, masih ada beberapa kekurangan dari pengelolaan kualitas yang dilakukan oleh PT Warna Warni Media. Dalam mengelola kualitasnya, PT Warna Warni Media telah mengeluarkan biaya kualitas yang cukup besar, yaitu Rp. 1.364.070.418 atau sebesar 0,76% dibandingkan dengan pendapatan PT Warna Warni Media selama tahun 2010. PT Warna Warni Media lebih banyak melakukan investasi pada aktivitas pengendalian. Namun, PT Warna Warni Media masih mengeluarkan biaya untuk menangani biaya kegagalan sebesar 16,43% dari total biaya kualitas. PT Warna Warni Media memerlukan informasi yang ada dalam laporan biaya kualitas untuk melakukan evaluasi terhadap aktivitas mana yang harus ditambah untuk mengatasi penyebab adanya kualitas yang buruk.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: biaya kualitas, Akuntansi Manajemen, Laporan biaya kualitas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 07 Apr 2014 20:02
Last Modified: 07 Apr 2014 20:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10083

Actions (login required)

View Item View Item