Pengaruh Rekristalisasi Terhadap Ukuran Partikel Dan Lalu Pelarutan Pada Pembuatan Sediaan Suspensi Sulfametoksasol (FNA)

Wulanningsih, Katarina (1995) Pengaruh Rekristalisasi Terhadap Ukuran Partikel Dan Lalu Pelarutan Pada Pembuatan Sediaan Suspensi Sulfametoksasol (FNA). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_391_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_391_Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151493

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh cara pembuatan suspensi secara rekristalisasi terhadap ukuran partikel dan laju pelarutan suspensi sulfametoksasol formula FNA dengan cara pembuatan rekristalisasi dan tanpa rekristalisasi sebagai pembanding. Segera setelah pembuatan sediaan dilakukan pengamatan ukuran partikel dan uji pelarutan. Analisis statistik ukuran partikel dengan t-test (o = 0,05) menyatakan bahwa ada perbedaan bermakna ukuran partikel dari cara pembuatan rekristalisasi dibandingkan tanpa rekristalisai. Analisis statistik efisiensi pelarutan dengan t-test (o = 0,05) menyatakan bahwa tidak .ada perbedaan bermakna dalam hal efisiensi pelarutan suspensi dengan cara pembuatan rekristalisasi dibandingkan tanpa rekristalisasi. Ternyata bahwa pembuatan suspensi sulfametoksasol secara rekristalisasi hnya bermakna memperkecil ukuran partikel tetapi tidak didapat peningkatan laju pelarutan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 08 Apr 2014 04:46
Last Modified: 08 Apr 2014 04:46
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10131

Actions (login required)

View Item View Item