Efek Penolakan Serangga (Insect Repellent) Ekstrak Etanol Kulit Buah Jeruk Purut (Citrus hystric DC.) terhadap Nyamuk Aedes aegypti L.

DEWI H., OKTAVIARIKA (2012) Efek Penolakan Serangga (Insect Repellent) Ekstrak Etanol Kulit Buah Jeruk Purut (Citrus hystric DC.) terhadap Nyamuk Aedes aegypti L. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
F_3445_Abstrak.pdf

Download (60Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230190

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang ada Indonesia. Penyakit tersebut ditularkan dari manusia ke manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegyti L. Dilakukan penelitian uji efektivitas penolak serangga ekstrak etanol kulit buah Jeruk Purut (Citrus hystrix DC.) terhadap nyamuk Aedes aegypti L. betina dewasa. Bagian tanaman yang digunakan adalah kulit buah dari tanaman Jeruk Purut (Citrus hystrix DC.) yang diekstraksi secara Soxhletasi dengan pelarut etanol 96%. Parameter uji yang digunakan adalah complete protection dan daya proteksi. Pada pelaksanaan uji efek penolak serangga, punggung telapak tangan kiri relawan dioleskan etanol 96% sebanyak 2 ml sebagai kelompok kontrol dan punggung telapak tangan kanan relawan dioleskan ekstrak etanol kulit buah Jeruk Purut (Citrus hystrix DC.) sebanyak 2 ml sebagai kelompok uji. Analisis data yang digunakan adalah penilaian efektivitas hasil uji penolak serangga, metode analisis statistik One Way Anova dan perhitungan IC50. Disimpulkan bahwa efektivitas penolak serangga ekstrak etanol kulit buah Jeruk Purut (Citrus hystrix DC.) pada waktu pengujian I (selama 2 menit setelah bahan uji dioleskan) pada konsentrasi 6968,69 bpj, untuk waktu pengujian II (selama 2 menit setelah 15 menit dari uji pertama) pada konsentrasi 7570,98 bpj, terdapat juga pengaruh yang signifikan antara perbedaan konsentrasi dengan aktivitas sebagai penolak serangga.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Insect repellent, ekstrak etanol, Jeruk Purut, Citrus hystrix DC, Aedes aegypti L.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 08 Apr 2014 05:24
Last Modified: 11 Apr 2014 07:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10146

Actions (login required)

View Item View Item