RAMADHANI A.R, NIKITA (2012) Pengaruh Brand Placement terhadap Brand Image Tupperware Menurut Persepsi Pemirsa Program Acara Televisi Ala Chef di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
M_5133_Abstrak.pdf Download (53kB) | Preview |
Abstract
Kondisi persaingan dunia usaha yang semakin ketat membuat perusahaan dituntut untuk lebih memikirkan bagaimana cara agar dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya dengan menciptakan brand image yang kuat dan baik dibenak konsumen. Dalam menciptakan brand image yang kuat dan baik dibenak konsumen diperlukan media komunikasi yang tepat, salah satunya dengan menggunakan teknik brand placement. Teknik brand placement merupakan salah satu bentuk alternatif periklanan kreatif yang dapat dilakukan untuk membentuk brand image dan teknik ini mulai ramai digunakan oleh para pemasar dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah brand placement berpengaruh terhadap brand image. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah program acara televisi Ala Chef dan brand Tupperware. Reijmersdal et al. (2007) dalam penelitiannya menggungkapkan bahwa frekuensi menyaksikan brand placement mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan brand image. Dalam penelitian ini, selain menggunakan frekuensi menyaksikan brand placamenet, penelitian ini juga menggunakan teknik brand placement sebagai pengukur. Brand placement diukur melalui execution factor yang terdiri dari beberapa faktor yaitu placement modality, opportunity to process the placement dan strength of link between brand/product and story, serta individual-difference factors yang terdiri dari beberapa faktor, yaitu familiarity/ethically(strength of link between brand/product and individual), attitude toward placement in general dan program involvement.. Sedangkan dari brand image diukur melalui strength of brand association, favorability of brand association dan unique of brand association. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua pemirsa program acara televisi Ala Chef, mengetahui keberadaan brand placement Tupperware, berpendidikan minimal SMA/sederajat, dan berdomisili di Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa brand placement dan brand image mempunyai hubungan yang positif. Brand placement mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan brand image Tupperware menurut persepsi pemirsa televisi Ala Chef di Surabaya sebesar 0,593. Dengan demikian hasil penelitian ini memperkaya hasil penelitian sebelumnya tentang pengaruh brand placement terhadap brand image. Selain frekuensi menyaksikan program acara televisi, teknik brand placement juga mempunyai pengaruh terhadap pembentukan brand image.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | brand placement, brand image, exposure dan frekuensi |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 10 Apr 2014 05:16 |
Last Modified: | 11 Apr 2014 07:31 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10298 |
Actions (login required)
View Item |