Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan PC Tablet IPad Apple di Surabaya

PRATAMA, EDO (2012) Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan PC Tablet IPad Apple di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5134_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5134_Abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/227899

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan di daerah Surabaya. Obyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah PC Tablet iPad Apple yang baru saja diluncurkan pada April 2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah riset konklusif eksperimental yaitu riset yang terdapat hubungan sebab akibat (kausal). Dimensi dari Experiential Marketing dapat dilihat dari Sense, Feel, Think, Act, dan Relate. Sedangkan dimensi dari kepuasan pelanggan dapat dilihat dari Attributes related to the product, Attributes related to service, Attributes related to purchase. Sumber data yang digunakan adalah primer, dengan cara menyebarkan kuesioner ke populasi yang sesuai dengan karakteristik sejumlah 150. Aras yang digunakan adalah aras Interval dan skala pengukuran yang digunakan adalah numerical. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis didapatkan nilai koefisien regresi variabel Experiential Marketing (EM) sebesar 0,404 sehingga bisa dikatakan apabila pengalaman yang dirasakan pelanggan semakin positif maka Kepuasan Pelanggan juga akan meningkat sebesar 0,404 begitu juga sebaliknya. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,163 atau 16,3% yang artinya variasi Experiential Marketing mampu menjelaskan variasi Kepuasan Pelanggan PC Tablet iPad Apple di Surabaya sebesar 16,3% sedangkan sisanya 83,7% dijelaskan oleh faktor lain yang tak teramati dalam penelitian ini. Untuk hasil uji t didapatkan tingkat signifikan sebesar 0,000. Sehingga hasil hipotesis kerja yang menyatakan diduga Experiential Marketing berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan PC Tablet iPad Apple bisa diterima.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 10 Apr 2014 05:19
Last Modified: 10 Apr 2014 05:19
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10302

Actions (login required)

View Item View Item