Pemetaan Merk ( Brand Mapping ) Smartphone Samsung, Blackberry, dan Apple Iphone Berdasarkan Atribut Produk pada Konsumen di Surabaya

Suseno, Benedictus Nikolas Andriawan (2012) Pemetaan Merk ( Brand Mapping ) Smartphone Samsung, Blackberry, dan Apple Iphone Berdasarkan Atribut Produk pada Konsumen di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5136_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5136_Abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/227918

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, handphone berkembang ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Semakin lama bentuk handphone semakin menarik dan fasilitasnya pun semakin canggih. Saat ini, handphone tidak hanya digunakan untuk telepon dan mengirim pesan singkat (SMS) saja, tetapi sejalan dengan perkembangannya, handphone juga dilengkapi dengan fitur-fitur lain yang dapat digunakan untuk bermacam keperluan mulai dari mendengarkan musik, memotret, bermain game, bahkan untuk mengakses internet dengan kecepatan tinggi. Karena terjadi inovasi fitur handphone yang semakin canggih dan terus-menerus, muncul suatu istilah baru untuk handphone yang memiliki fitur tinggi, yaitu smartphone. Saat ini pasar smartphone Indonesia didominasi oleh Apple iPhone, Samsung, dan Blackberry. Berdasarkan sudut pandang konsumen, ketiga merek tersebut memiliki atribut produk yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Brand Mapping (pemetaan merek) dari smartphone merek Samsung, Blackberry, dan Apple iPhone berdasarkan atribut produk (kualitas, fitur, gaya dan desain). Metode pengolahan data dalam penelitian ini adalah Mean, Standard Deviation, Diagram Batang, dan Scatter. Penelitian ini dilakukan di Surabaya. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden untuk tiap merek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Samsung dipersepsikan responden sebagai smartphone yang lebih unggul pada dimensi kualitas produk, sedangkan Apple iPhone dipersepsikan responden sebagai smartphone yang lebih unggul pada dimensi fitur, gaya dan desain produk. Selain itu, dari kategori fitur produk, Samsung dipersepsikan responden sebagai smartphone yang unggul pada fitur konektivitas, sedangkan smartphone Apple iPhone dipersepsikan unggul pada fitur entertainment, processing power, dan camcorder.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: pemetaan merek ( Brand Maping ), smartphone, atribut produk, kualitas produk, fitur produk, gaya dan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 10 Apr 2014 05:27
Last Modified: 10 Apr 2014 05:27
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10306

Actions (login required)

View Item View Item