SAPUTRA, WIJAYA (2012) Studi Eksploratori Experiential Marketing Kompetisi NBL (National Basketball League) berdasarkan Informan Penonton di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
M_5156_Abstrak.pdf Download (51kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam (mengeksplorasi) faktor-faktor Experiential Marketing pada kompetisi NBL (National Basketball League). Data yang digunakan di dalam penelitian ini bersumber dari data primer, yaitu data yang diperoleh melalui wawancara secara mendalam (depth interview) dengan informan.. Target populasi yang diperoleh adalah informan yang pernah menonton/menyaksikan pertandingan NBL di Surabaya, sedangkan karakteristik populasinya adalah penonton yang telah menyaksikan/menonton seri 1 reguler dan championship series sebagai penonton yang berdomisili di Surabaya. Penelitian ini menggunakan prosedur coding. Prosedur coding dimulai dari open coding diikuti axial coding dan diakhiri dengan selective coding. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor Experiential Marketing pada kompetisi NBL (National Basketball League) menggunakan elemen-elemen experiential marketing yakni sense melalui pancaindra: (mata telinga, hidung, kulit, lidah), feel (perasaan), think (pikiran), act (tindakan) dan relate (kaitan). Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa Kompetisi NBL menerapkan kelima elemen pembentuk experiential marketing untuk menciptakan suatu pengalaman yang tidak terlupakan (memorable experience) baik dari sense experience, feel experience, think experience, act experience dan relate experience. Dari faktor sense experience, kompetisi NBL merangsang panca indera para penonton mulai dari melihat tempat yang begitu bersih dan luas. Dari faktor feel experience, kompetisi NBL yang menciptakan suasana hati dan emosi yang kuat para penonton. Mulai dari suasan seru yang terjadi pada setiap pertandingan NBL. Dari faktor think experience dimana kompetisi NBL merangsang penonton untuk berpikir mulai dari melihat adanya kreatifitas pengelola dan kedisiplinan pada penyelenggaraan kompetisi NBL. Dari faktor act experience dimana kompetisi NBL merangsang penonton untuk ikut terlibat atau ambil bagian dari sebuah penyelenggaraan acara seperti halnya ikut berpartisipasi dalam games dan dari faktor relate experience dimana pada kompetisi NBL dimana penonton memiliki kesempatan untuk menjalin hubungan atau menambah relasi dengan penonton lainnya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | experiental marketing, sense, feel, think, act dan relate |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 10 Apr 2014 10:30 |
Last Modified: | 10 Apr 2014 10:30 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10387 |
Actions (login required)
View Item |