Uji Aktivitas Anti Radikal Bebas Fraksi Diklorometan Dan Etil Asetat Ekstrak Metanol Biji Ketepeng Cina (Cassia Alata L.) Dengan Metode Radikal Bebas Diphenyl Picryl Hydarazyl (DPPH)

Rachmawati, Sri (1999) Uji Aktivitas Anti Radikal Bebas Fraksi Diklorometan Dan Etil Asetat Ekstrak Metanol Biji Ketepeng Cina (Cassia Alata L.) Dengan Metode Radikal Bebas Diphenyl Picryl Hydarazyl (DPPH). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_809_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_809_Abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151082

Abstract

Telah dilakukan uji aktivitas antiradikal bebas fraksi diklorometan dan etil asetat ekstrak metanol biji ketepeng cina (Cassia alata L.) dengan metode radikal bebas diphenyl picryl hydrazyl (DPPH). Ekstrak:si biji dilakukan melalui tiga tahap, tahap pertama soxhletasi dengan pelarut heksan untuk memisahkan minyak dan lemak, tahap kedua ekstraksi keseluruhan kandungan menggunakan soxhletasi dengan pelarut metanol, tahap ketiga fraksinasi ekstrak metanol dengan diklorometan dan etil asetat untuk memisahkan senyawa antrakuinon yang ada. Tahap selanjutnya dilakukan pengujian aktivitas antiradikal bebas metode DPPH secara spektrofotometri. Hasil uji aktivitas antiradikal menunjukan bahwa fraksi diklorometan dan etii asetat ekstrak metanol biji ketepeng cina tidak efektif sebagai antiradikal bebas terhadap DPPH sampai konsentrasi 800 ppm. Identifikasi adanya antrakuinon secara KLT dilakukan dengan fase diam silika gel60 GF 254, fase gerak AN-2: etil asetat- metanol- air (100 : 13,5 : 10) dan AN- 3 : n- propanol- etil asetat- air (40: 40: 30), penampak noda KOH 10 % dalam metanadilanjutkan dengan KLT spektrofotodensitometri dengan alat Densitometer Camag Scanner II. Kromatogram hasil KLT dengan fase gerak AN - 2 dan AN - 3 menunjukk.an adanya noda berwarna kuning pada fase metanol dan etil asetat sedangkan pada fase diklorometan tidak didapat bercak noda. Kromatogram basil KLT spektofotodensitometri dengan fase gerak AN - 2 pada ekstrak metanol menunjukkan 6 puncak, fraksi diklorometan 5 puncak, fraksi etii asetat 6 puncak pada A. 254 nm, dengan fase gerak: AN - 3 pada ekstrak metanol menunjukkan 5 puncak, fraksi diklorometan 5 puncak dan fraksi etil asetat 6 puncak pada A. 254 nm.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 10 Apr 2014 11:11
Last Modified: 10 Apr 2014 11:11
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10391

Actions (login required)

View Item View Item