SUGIHARTA, LISA MARDELINA (2014) Evaluasi Sistem Pengendalian Manajemen Dalam Kerangka Management Control System Package Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Pada Ud Abc Di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Setiap badan usaha memiliki tujuan yang ingin dicapai yaitu profit. Dalam kerangka value chain, perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi barang memiliki peran yang penting dalam external linkage. Sehingga penting bagi perusahaan untuk memperhatikan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan. Suatu kualitas layanan dikatakan baik apabila memiliki faktor pendukung yang baik pula, yaitu seperti dari segi karyawan, sistem perusahaan dan pihak eksternal lainnya. Karyawan merupakan salah satu hal yang memiliki peran penting untuk mencapai dan mempertahankan posisi kompetitif bagi suatu perusahaan dan management control system dipandang sebagai cara untuk mengendalikan perilaku karyawan. Sistem pengukuran kinerja hanyalah salah satu sistem kontrol dan diselidiki secara keseluruhan sebagai sebuah paket, dan tidak secara terpisah dalam kerangka management control system package. UD. “ABC” di Surabaya yang bergerak di bidang distribusi aluminium mengalami permasalahan yaitu adanya komplain pelanggan yang terkait dengan ketersediaan informasi yang diberikan, jenis dan jumlah barang yang dikirim, dan keterlambatan pengiriman barang. Timbulnya permasalahan ini dipengaruhi oleh bentuk sistem pengendalian manajemen yang diterapkan oleh perusahaan dan pihak eksternal yang terkait dalam proses bisnis perusahaan yaitu pihak ekspedisi dan pabrik aluminium, di mana permasalahan ini dapat mempengaruhi going concern perusahaan. Pengumpulan data terkait permasalahan tersebut dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisa dokumen. Permasalahan UD. “ABC” ini dapat diatasi dengan adanya pemantauan dan pengawasan oleh pemilik perusahaan terhadap pelaksanaan job description, penekanan akan pentingnya pemahaman dan pelaksanaan prosedur kerja, penanaman nilai kedisiplinan pada diri karyawan, pengadaan evaluasi kinerja karyawan secara rutin baik dari segi financial dan non financial, pemberian rewards yang adil dan pemberian punishment secara tegas terhadap seluruh karyawan dan pentingnya bagi pemilik untuk memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Selain itu UD. “ABC” perlu untuk memperhatikan 9 dimensi kualitas layanan logistik pada Physical Distribution Service Quality (PDSQ), yaitu personnel contact quality, order release quantities, information quality, ordering procedures, order accuracy, order condition, order quality, order discrepancy handling, dan timeliness.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 11 Apr 2014 06:42 |
Last Modified: | 11 Apr 2014 06:42 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10486 |
Actions (login required)
View Item |