Pengaruh Konsentrasi Zat Pengatur Tumbuh (NAA, BA, IBA) terhadap Pertumbuhan Serta Analisis Pendahuluan Kandungan Minyak Atsiri Planlet Pimpinella Anisum L.

Narwati, Mapindo (1997) Pengaruh Konsentrasi Zat Pengatur Tumbuh (NAA, BA, IBA) terhadap Pertumbuhan Serta Analisis Pendahuluan Kandungan Minyak Atsiri Planlet Pimpinella Anisum L. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
F_558_Abstrak.pdf

Download (51Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151290

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan pemilihan media yang dapat menumbuhkan planlet secara optimal dan analisiss pendahuluan kandungan minyak atsiri Pimpinella anisum L . secara KLT. Bahan penelitian adalah kultur tunas Pimpinella anisum L. dengan media MS + BA 3 mg/L + air kelapa 15% yang diperoleh dari Laboratorium bioteknologi Farmasi Universitas Surabaya. Media yang digunakan adalah media MS yang dimodifikasi dengan zat pengatur tumbuh BA, NAA, IBA pada berbagai konsentrasi . Pada penelitian ini telah dicoba 16 macam komposisi konsentrasi zat pengatur tumbuh. Dari 16 macam komposisi tersebut diperoleh media yang dapat menumbuhkan planlet secara optimal , yaitu media yang nengandung NAA 2 mg/L. Pertumbuhan planlet dievaluasi dengan mengamati kecepatan pertumbuhan akarnya dan menghitung IP secara priodik sejak planlet berumur 15-40 hari. Panen dilakukan setelah planlet berumur 15, 20, 23, 30, 35, dan 40 hari . Analisis dengan metode KLT dilakukan untuk mengidentifikasi kandungan minyak atsiri pada planlet yang dibandingkan dengan buah adas manis, yang menunjukkan bahwa pada planlet mengandung minyak atsiri yang relatif sama dengan buah adas manis.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 14 Apr 2014 06:48
Last Modified: 14 Apr 2014 06:48
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10677

Actions (login required)

View Item View Item