Isolasi Dan Identifikasi Senyawa Flavonoid Gu2 Pada Fraksi Etil Asetat Dari Daun Jati Belanda (Guazuma Ulmifolia Lmk. Var. tomentosa K. Schum)

., Widad (1997) Isolasi Dan Identifikasi Senyawa Flavonoid Gu2 Pada Fraksi Etil Asetat Dari Daun Jati Belanda (Guazuma Ulmifolia Lmk. Var. tomentosa K. Schum). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
F_560_Abstrak.pdf

Download (58Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151351

Abstract

Indonesia memiliki tanah yang subur dan kaya akan tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat. Dari sekian banyak tumbuhan berkhasiat obat tersebut, salah satunya adalah jati belanda (Guazuma ulmifolia lmk. var. tomentosa K. Schum). Tanaman ini banyak digunakan sebagai pelangsing tubuh, obat sakit perut, diare, obat perut kembung, obat perut nyeri, obat batuk, obat batuk rejan, obat untuk kaki bengkak dan gatal berair. Dari skrining awal yang telah dilakukan dilaporkan bahwa dalam daun tanaman ini terdeteksi adanya senyawa flavonoid, tetapi jenis flavonoidnya belum diketahui. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dimaksudkan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi senyawa flavonoid pada daun jati belanda (Guazuma ulmifolia lmk. var. tomentosa K. Schum). Serbuk rimpang kering diekstraksi dengan pelarut metanol 80% menggunakan alat soxhlet. Ekstrak metanol, setelah dipekatkan, ditambah air dan berturut-turut diekstraksi dengan n-heksan, eter dan etil asetat. Fraksi etil asetat dikromatografi lapis tipis preparatif, dengan fase diam selulosa mikrokristalin dan fase gerak asam asetat 15% didapatkan 2 senyawa flavaonoid yaitu Gu1 dan Gu2. Senyawa Gu2 murni diidentifikasi dengan pereaksi warna Willstater, KLT, spektrofotometer UV-Vis dengan teknik pergerseran panjang gelombang maksimum dan spektrofotometer IR. Dari hasil identifikasi senyawa Gu2 dapat disimpulkan bahwa senyawa Gu2 merupakan flavonol 3-OH bebas dengan gugus orto dihidroksi pada cincin A (posisi5 dan 6).

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 14 Apr 2014 07:24
Last Modified: 14 Apr 2014 07:24
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10688

Actions (login required)

View Item View Item