Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Sistem Pengukuran Kinerja Manajemen Strategis Untuk Mendukung Pengendalian Critical Success Factors Pada PT. Karatu Abadi Jaya Di Surabaya

Wiwoho, Natalia (1998) Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Sistem Pengukuran Kinerja Manajemen Strategis Untuk Mendukung Pengendalian Critical Success Factors Pada PT. Karatu Abadi Jaya Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ks-ak-1031.pdf]
Preview
PDF
ks-ak-1031.pdf

Download (120kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153773

Abstract

Industri alas kaki nasional di Indonesia dewasa ini mengalami perkembangan yang cukup pesat seiring meningkataya jumlah badan usaha yang ikut bergerak dalam bidang industri ini sehinga intensitas persaingan cenderung meningkat baik di pasar domestik maupun pasar internasional. Perkembangan industri alas kaki ini memiliki arti yang strategis dalam penyerapan tenaga kerja dan penyumbang devisa negara. Pangsa pasar Indonesia diharapkan masih bisa meningkat sebesar 10% lagi menyongsong dimulainya era perdagangan bebas ASEAN pada tahun 2003 nanti. Tantangan industri alas kaki di masa mendatang sangatlah kompleks meliputi tidak hanya internal tetapi juga eksternal. Tantangan internal berupa produktivitas, sistem upah, bahan baku sumber daya manusia, penguasaaan teknologi, penelitian dan pengembangan. Tantangan eksternal yaitu semakin menguatnya persaingan dengan masuknya pesaing seperti Cina, Vietnam, dan Thailand yang patut diwaspadai perkembangannya agar tidak merebut pasar Indonesia. Tantangan ini memerlukan suatu strategi khusus untuk dapat menyiasati kondisi pasar yang unik di mana penguasasn pasar lebih banyak ditentukan oleh merek sepatu terkenal. Kondisi ini juga dialami oleh PT. KARATU ABADI JAYA yang bergerak dalam industri alas kaki. Produk yang dihasilkan berupa sepatu kulit anak-anak dan sandal dewasa dengan berbagai model dan merek sesuai pesanan konsumen. PT. Karatu Abadi Jaya saat ini memiliki misi yaitu: "Menjadi badan usaha paling sukses dalam industti alas kaki di Indonesia." Misi tersebut didukung oleh suatu visi yang berbunyi: "Menjual produk kita ke pasar domestik maupun internasional secara terus-menems seperti air yang mengalir deras dari sebuah mata air." Perwujudan misi dan visi PT. KARATU ABADI JAYA mendorong ditetapkannya suatu strategi yaitu: "Memperkenalkan produk (sepatu dan sandal) dengan model baru, berkualitas dan pelayanan terjamin serta harga yang bersaing." Strategi tersebut didasari oleh keinginan untuk meningkatkan pendapatan, mempertahankan dan memperluas pangsa pasar di dalam maupun luar negeri

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 15 Apr 2014 06:06
Last Modified: 24 Mar 2021 14:29
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10854

Actions (login required)

View Item View Item