Uji Antifertilitas Pada Mencit Betina Dan Skrining Kandungan Kimia Secara Kromatografi Lapis Tipis Dari Fraksi Fraksi n-Batunol Rebusan Daun Mojo (Aegle Marmelos L. Corr)

Bustami, Anna Diana (1997) Uji Antifertilitas Pada Mencit Betina Dan Skrining Kandungan Kimia Secara Kromatografi Lapis Tipis Dari Fraksi Fraksi n-Batunol Rebusan Daun Mojo (Aegle Marmelos L. Corr). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
F_590_Abstrak.pdf

Download (67Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151263

Abstract

Pengendalian jumlah penduduk dan angka pertumbuhan sangat penting bagi keberhasilan pembangunan bangsa. Berdasarkan literatur, daun Aegle Marmelos disebutkan dapat digunakan untuk mencegah kehamilan. Hal ini telah dibuktikan dengan menggunakan infusa daun Aegle Marmelos kadar 20% ternyata mempunyai efek antifertilitas. Pada uji ulang menggunakan rebusan daun Aegle Marmelos kadar 20% terbukti pula mempunyai efek antifertilitas. Mengingat terdapat berbagai macam golongan senyawa yang terkandung didalamnya, maka penulis tertarik untuk meneliti golongan senyawa apa yang mempunyai efek antifertilitas dan dilakukan fraksinasi berdasarkan kepolarannya. Dalam hal ini penulis ingin membuktikan apakah fraksi n-butanol mempunyai efek sebagai fertilitas karena mungkin senyawa-senyawa tersebut larut dalam n-butanol dengan menggunakan metode perhitungan janin. Pada penelitian ini dipakai binatang percobaan mencit sebanyak 20 ekor yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol yang diberi suspensi Avicell pH-l0l dan CMC Na dalam air suling dengan dosis sebanyak 0,1 ml/30 gram BB dan kelompok perlakuan yang diberi suspensi fraksi n-butanor dari rebusan daun Aegle marmelos dengan kadar 20% dosis 0 5 ml/30 gram BB yang diberikan secara oral pada mencit selama enam hari sebelum perkawinan dan tiga hari sesudah perkawinan. Pada hari ke-l9 dari kehamilan dilakukan pembedahan. Data yang diperoleh berupa jumlah janin dari masing-masing induk mencit baik untuk kelompok kontrol maupun kelompok perlakuan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa fraksi n-butanol dari rebusan daun Aegle Marmelos dengan kadar 20% mengandung senyawa kumarin, flavonoid bebas dan glikosida flavonoid.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 15 Apr 2014 09:01
Last Modified: 15 Apr 2014 09:01
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10899

Actions (login required)

View Item View Item