Penerapan Target Costing Dalam Tahap Desain, Proses Dan Pengembangan Produk Dengan Didukung Activity Analisis Untuk Mencapai Efisiensi Biaya Pada Badan Usaha X Di Surabaya

., Budianto (1998) Penerapan Target Costing Dalam Tahap Desain, Proses Dan Pengembangan Produk Dengan Didukung Activity Analisis Untuk Mencapai Efisiensi Biaya Pada Badan Usaha X Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ks-ak-1044.pdf]
Preview
PDF
ks-ak-1044.pdf

Download (109kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153758

Abstract

Saat ini situasi persaingan dalam industri kemasaan isi ulang sangat ketat disebabkan adanya dukungan mekanisme penyebaran' teknologi. KeungguIan teknologi yang dimiliki badan usaha "X" dapat dengan cepat dimiliki pula oleh para pesaingnya, sehingga pruduk yang ekuivalen dapat dengan cepat pula dikeluarkan oleh para pesaingnya dengan harga yang sama, bahkan lebih rendah. Badan usaha "X" menyadari bahwa keunggulan bersaing yang dapat dipertahankan adalah sangat sulit untuk dicapai, sehingga mendorong badan usaha "X" untuk menerapkan strategi generik konfrontasi. Aspek kritis dalam penerapan strategi generik konfrontasi ini adalah dengan mengelola karakteristik cost, quality dan Functionality agar tetap berada dalam survival zone. Adanya tekanan para pesaing yang dapat menghasilkan prodruk dengan kualitas dan fungsionalitas yang lebih tinggi bahkan dengan harga yang lebih rendah mengakibatkan volume penjualan dari badan usaha "X" mengaiami penurunan dan badan usaha "X" mencoba untuk membuat produk baru dengan berusaha mencari tahu apa yang menjadi preferensi konsumen atas produknya, terutama untuk sabun cuci piring yang menjadi produk utamanya, badan usaha "X' mendapat informasi bahwa banyaknya pesaing yang membuat produk baru berupa kemasan isi ulang, sehingga harga yang ditawarkan oleh badan usaha "X" ternyata lebih mahal dari yang dikehendaki konsumen. Untuk itu badan usaha "X" mencoba untuk membuat produk baru dengan perubahan desain atas produk Edel Teepol menjadi produk Edel Teepol kemasan isi ulang, serta badan usaha berusaha melakukan cost reduction dengan melakukan peningkatan efisiensi atas proses produksi yang akan dilakukannya. Dalam pengembangan produk Edel Teepol ini, diterapkan pendekatan target costing, yaitu dengan memulai mencari tahu apa yang sebenarnya menjadi preferensi konsumennya. Kemudian dari informasi harga yang mau dibayar oleh konsumen untuk produk Edel Teepol kemasan isi ulang ini, dengan dikurangkan sejumlah produk yang dikehendaki, yang diperoleh dari analisis maka dapat diperoleh target cost dari produk Edel Teepol kemasan isi ulang. Selanjutnya badan usaha melakukan perhitungan biaya untuk memproduksi produk Edel Teepol kemasan isi ulang yang sesuai dengan sepesifikasi yang telah ditetapkan. Usaha peningkatan efisiensi, dilakukan dengan melakukan pendekatan activity analysis, yaitu berusaha menganalisis aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan oleh badan usaha dalam memproduksi produk ini. Dan dari analisis ini, diperoleh informasi ternyata terdapat 21,36% dari biaya aktivitas yang ada....

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 16 Apr 2014 07:00
Last Modified: 24 Mar 2021 14:29
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/11029

Actions (login required)

View Item View Item