Ferrani, Ida (1998) Penerapan Business Process Analysis Dalam Proses Operasi Untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya Guna Mendukung Strategy Cost Leadership Pada PT. X Di Sidoarjo. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_1051_Abstrak.pdf Download (109kB) | Preview |
Abstract
There is nothing permanent but change. Segala sesuatunya tidak akan tetap tetapi berubah mengikuti perubahan lingkungan, demikian juga dengan perekonomian. Krisis moneter yang terjadi akhir-akhir ini telah menyebabkan banyak badan usaha yang harus "gulung tikar". Perubahan yang mendadak ini telah mengejutkan banyak pengusaha sehingga mereka tidak siap untuk menghadapinya. Efisiensi badan usaha sangat dibutuhkan dalam menghadapi tingkat persaingan yang semakin kuat. Badan usaha dituntut untuk fleksibel menghadapi perubahan-perubahm yang ada dan melakukan perubahan-perubahan yang mengarah pada kemajuan badan usaha. Peningkatan efisiensi harus didukung dengan pendekatan-pendekatan manajemen yang baru seperti total quality management, customer focus dan time based compeiition. Tiga pendekatan ini juga masih harus didukung dengan pendekatan pengelolaan biaya yang barn sehingga hasilnya akan semakin tampak. Pendekatan untuk pengelolaan biaya ini dikenal dengan total cost management. Total cost management merupakan suatu konsep yang mengelola sumber daya-sumber aya badan usaha secara keseluruhan serta mengolah aktivitas-aktivitas yang mengkonsumsi sumber daya-sumberdaya tersebut dengan tujuan untuk mengukur, melaporkan dan mengelola profitabilitas badan usaha lebih baik sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing badan usaha. Total cost management memiliki tiga prinsip kunci yaitu: business process analysis, activity based costing dan continuous improvement dimana prinsip yang satu dengan yang lain saling terkait. Teknik dasar dalam memahami, menganalisis dan meningkatkan kinerja badan usaha adalah business process analysis. Fokus dari business process analisis adalah proses (aliran) dalam melakukan manajemen biaya. Orientasi dari teknik ini adalah kepuasan konsumen sehingga upaya untuk meningkatkan kuditas terus diusahakan, selain itu juga berorientasi pada penurunan siklus waktu dan upaya meminimalkan biaya. Ada beberapa tahapan dari business process analysis yang perlu dilakukan, yaitu: mengembangkan model proses bisnis, menggembangkan definisi aktivitas-aktivitas sub-sub proses, menganalisis nilai dari tiap-tiap aktivitas serta menghitung management cycle effiiency untuk mengetahui tingkat efisiensi badan usaha dan yang terakhir addah mencari akar permasalahan yang ada serta mengembangkan rencana-rencana perbaikan....
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Eko Setiawan 194014 |
Date Deposited: | 17 Apr 2014 03:36 |
Last Modified: | 17 Apr 2014 03:36 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/11140 |
Actions (login required)
View Item |