Hubungan Antara Karakteristik Guru Menurut Siswa Dengan Minat Dalam Mengikuti Kursus Musik

Agustin, Yulia (2004) Hubungan Antara Karakteristik Guru Menurut Siswa Dengan Minat Dalam Mengikuti Kursus Musik. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_167_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_167_Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151999

Abstract

Minat siswa merupakan faktor yang berperan dalam mengikuti kursus musik. Minat akan mendorong siswa untuk mencurahkan perhatian pada kegiatan yang diikuti. Siswa yang melakukan kegiatan sesuai dengan minatnya, ia akan berlatih dengan sebaik-baiknya. Sebaliknya, ada beberapa siswa yang kurang berminat dalam mengikuti kursus musik. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat siswa adalah peran dari guru. Guru menjadi penentu apakah anak dapat menyenangi kegiatan yang dilakukan. Jika siswa mempunyai persepsi yang positif terhadap guru maka siswa akan berminat pada kegiatan yang diikuti. Karakteristik guru menurut siswa adalah siswa melihat gurunya yang memiliki karakteristik kepribadian yang tercermin dalam sifat periang, ramah, mempunyai waktu untuk siswa-siswanya, tulus ikhlas , hangat , juga ketrampilan sebagai guru yang meliputi kemampuan menguasai materi , dapat menerangkan dan mempraktekkan dengan benar ataupun sebaliknya. Sedangkan minat siswa adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas belajar, tanpa ada yang menyuruh. Subyek penelitian ini adalah siswa yang berusia 10- 12 tahun (kelas 5 dan 6 SD), sebanyak 34 siswa. Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan angket tertutup dan angket terbuka. Hasil analisis data dengan menggunakan Teknik korelasi Product moment Pearson, menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara karakteristik guru menurut siswa guru dengan minat siswa (r = 0,693 dan p < 0,01). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin positif karakteristik guru menurut siswa maka minat siswa akan semakin positif demikian pula sebaliknya. Dari hasil penelitian yang diperoleh, peneliti menyarankan bagi guru agar dapat memahami masing-masing siswanya, memberikan pendekatan yang sesuai dengan kemampuan siswa. Bagi peneliti selanjutnya agar memperbaiki alat ukur yang akan digunakan untuk penelitian yang akan dilakukan Sedangkan bagi orang tua, untuk lebih memberikan perhatian pada anaknya, memberikan dukungan selama anak mengikuti kursus.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 17 Apr 2014 06:37
Last Modified: 17 Apr 2014 06:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/11178

Actions (login required)

View Item View Item