Deskripsi Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Pemilihan Strategi Mengajar Guru

., Ellynawati (2004) Deskripsi Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Pemilihan Strategi Mengajar Guru. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_156_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_156_Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152035

Abstract

Strategi mengajar adalah daya upaya guru dalam menciptakan suatu sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses mengajar. Mutu pengajaran tergantung pada pemilihan strategi yang tepat bagi tujuan yang ingin dicapai, terutama dalam upaya mengembangkan kreativitas dan sikap inovatif siswa. Seorang guru perlu memperhatikan beberapa faktor untuk menentukan strategi mengajar agar siswa berhasil dalam belajar. Hasil survey awal menunjukkan strategi mengajar guru dipengaruhi oleh berbagai hal, yaitu keaktifan siswa dalam kelas, materi, tujuan, media dan situasi kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pertimbangan strategi mengajar guru. Subyek penelitian adalah sembilan orang guru di SMU Kristen Petra 5 Surabaya. Sebagai metode pengumpulan data utama digunakan metode wawancara guru, data tambahan meliputi wawancara dua orang siswa dan observasi di kelas saat proses belajar mengajar berlangsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya berbagai faktor yang menjadi pertimbangan guru dalam strategi mengajar, yaitu keterampilan guru, tujuan pengajaran, tingkat kesulitan materi, fasilitas dan keaktifan siswa. Sedangkan beberapa faktor yang kurang menjadi pertimbangan dalam strategi mengajar pada situasi tertentu oleh sebagian guru1 adalah siswa yang ramai, interaksi kelas, kemampuan guru, dan lingkungan sekitar kelas. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan para guru mempertimbangkan karakteristik siswa selain keaktifan, menciptakan suasana kelas yang nyaman dan aktif, menyesuaikan kemampuan mengajar guru terhadap metode pengajarannya, dan membina hubungan yang lebih baik antara guru dengan siswa sehingga strategi mengajar dapat lebih efektif.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 17 Apr 2014 07:30
Last Modified: 17 Apr 2014 07:30
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/11201

Actions (login required)

View Item View Item