Studi Eksploratif : Keterampilan Membaca Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Ersada Ita, Magdalena (2005) Studi Eksploratif : Keterampilan Membaca Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
ED_217_Abstrak.pdf

Download (75Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151970

Abstract

Belajar di perguruan tinggi memerlukan keterampilan membaca Kenyataannya, banyak mahasiswa yang tidak terampil membaca dan memandang belajar dengan cara membaca adalah beban. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang keterampilan membaca dari aspek kecepatan, pemahaman, dan strategi membaca Subjek penelitian berjumlah 73 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya angkatan 2002 sampai 2004 yang dipilih dengan teknik proportional quota incidental sampling. Pengumpulan data menggunakan metode testing dari dua buah bacaan yaitu bacaan akademik ( dari textbook) dan non akademik ( dari majalah) yang masing-masing meliputi soal kecepatan dan pemahaman ( dua puluh soal pilihan berganda dan lima soal essay), serta angket untuk mengungkapkan kebiasaan dan strategi membaca. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dengan bantuan program SPSS for Windows versi 12. 00. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa sebanyak 78% pada bacaan akademik dan 65,8% pada bacaan non akademik, kecepatan membacanya rata-rata ke bawah. Ada perbedaan kecepatan membaca yang signifikan antara kedua bacaan (t = 10,767; p < 0,05) dimana kecepatan pada bacaan non akademik lebih baik daripada bacaan akademik. Antara IPK dengan kecepatan membaca pada bacaan non akademik terdapat hubungan yang signifikan (r = 0,266; p < 0,05). Sebaliknya, antara IPK dengan kecepatan membaca pada bacaan akademik tidak ada hubungan yang signifikan (r = 0,153; p > 0,05). Mahasiswa sebanyak 39,7% pada bacaan akademik dan 38,4% pada bacaan non akademik, pemahamannya tergolong cukup. Ada perbedaan pemahaman bacaan yang signifikan antara kedua bacaan (t = 3,532; p < 0,05) dimana pemahaman pada bacaan non akademik lebih daripada bacaan akademik. Tidak ada hubungan yang signifikan antara IPK dengan pemahaman bacaan baik pada bacaan akademik (r = 0,153; p > 0,05) maupun pada bacaan non akademik (r =-0,024; p > 0,05). Mahasiswa cenderung mempunyai satu strategi membaca saja yaitu preview, read, dan review, serta mampu menerapkan teknik membaca scanning dan skimming. Saran yang dapat diberikan adalah dosen dapat memberikan tugas dan menerapkan metode pengajaran yang lebih memaksa mahasiswa untuk banyak membaca dari berbagai sumber.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 17 Apr 2014 09:13
Last Modified: 17 Apr 2014 09:13
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/11236

Actions (login required)

View Item View Item