Perbandingan Daya Antioksidan Ekstrak Etanol Kayu Secang Putih Dan Merah (caesalpinia Sappan L.) Terhadap Dpph (1,1-diphenyl-2-picrylhydrazyl)

TAUFIK, AFRADILLA N (2013) Perbandingan Daya Antioksidan Ekstrak Etanol Kayu Secang Putih Dan Merah (caesalpinia Sappan L.) Terhadap Dpph (1,1-diphenyl-2-picrylhydrazyl). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_3662_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_3662_Abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/234052

Abstract

Antioksidan merupakan senyawa yang mampu menghambat laju oksidasi, atau mencegah reaksi kimia pembentukan radikal bebas. Banyak terdapat produk-produk antioksidan yang dijual dipasaran dengan harga yang relatif mahal, padahal komponen antioksidan di alam terdapat secara melimpah pada tumbuhan. Salah satu tumbuhan yang memiliki daya antioksidan adalah kayu secang (Caesalpinia sappan L.) dari suku Caesalpiniaceae. Telah dilakukan uji daya antioksidan ekstrak etanol kayu secang putih dan merah secara kualitatif dan kuantitatif dengan metode DPPH (1,1-Diphenyl-2-Picrylhidrazyl). Pengujian daya antioksidan secara kualitatif ditunjukkan dengan memudarnya warna ungu dari larutan DPPH. Untuk pengujian secara kuantitatif dengan spektrofotometri sinar tampak menggunakan metode DPPH. Absorbansi diamati pada panjang gelombang 520,4 nm pada menit ke-10 untuk kedua macam ekstrak kayu secang. Nilai EC50 ekstrak etanol kayu secang putih adalah 292,88 bpj dan nilai EC50 ekstrak etanol kayu secang merah adalah 16,54 bpj. Perhitungan statistik menggunakan t-test (α = 0,05) menunjukkan terdapat perbedaan bermakna antara nilai EC50 ekstrak etanol kayu secang putih dan merah. Berdasar perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol kayu secang merah mempunyai daya antioksidan yang lebih baik.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Antioksidan, DPPH, kayu secang putih, kayu secang merah Caesalpinia sappan L.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 21 Apr 2014 07:16
Last Modified: 21 Apr 2014 07:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/11377

Actions (login required)

View Item View Item