Pengaruh Infusa Meniran Hijau (Phyllanthus niruri L.) Terhadap Kadar Glukosa Darah Tikus Diabet Eksperimental ( Akibat Pemberian Alloxan )

Dewi, Lucky Puspita (1995) Pengaruh Infusa Meniran Hijau (Phyllanthus niruri L.) Terhadap Kadar Glukosa Darah Tikus Diabet Eksperimental ( Akibat Pemberian Alloxan ). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
F_430_Abstrak.pdf

Download (73Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151425

Abstract

Diabetes mellitus merupakan gangguan terhadap metabolisme karbohidrat yang disebabkan oleh terganggunya mekanisme normal dari insulin , baik secara relatif maupun absolut yang ditandai dengan terjadinya hiperglikemia dan glukosuria. Pengohatan utama dari diabetes mellitus adalah dengan diet, olah raga dan pangobatan. Obat-obat yang digunakan terutama obat antidiabetik oral (golongan sulfanilurea dan biguanide) dan insulin. Sementara itu pengobatan tradisional juga banyak digunakan, salah satu contoh dari tanaman yang telah banyak diqunakan masyarakat India untuk mengobati diabetes mellitus ini adalah tanaman meniran. Penggunaan tanaman sebagai bahan abat tradisianal memerlukan penelitian ilmiah untuk menguji kebenaran khasiatnya. Salah satu landasan untuk membuktikan secara ilmiah adalah dengan menggunakan data farmakalogi dari tanaman tersebut. Dengan didapatkaanya data yang menyakinkan secara ilmiah, maka penggunaan tanaman tersebut sebagai obat dapat dijamin kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk membutktikan pengaruh infusa meniran hijau (Phyllanthus niruri L.) terhadap kadar qlukosa darah tikus diabetes eksperimental akibat pemberian a1loxan 120 mg/kg BB. Dalam penelitian ini digunakan hewan coba tikus putih yang dibagi dalam 4 kelornpak. Kelompok I mendapat perlakuan sebagai kontrol dengan pemberian air suling 5ml/kg BB, kelompok II mendapat perlakuan sebagai pembanding dengan pemberian suspensi glucaphage 500 mg/kg BB(obat antidiabet golongan biguanide yang mengandung metformin HCl), kelompok III diberi infusa meniran hijau 10%, kelompok IV diberi infusa meniran hijau 20%. Metode yang digunakan untuk menentukan kadar glukosa darah adalah metode enzmimatis GOD-Perid dan serapan diukur secara spektrofotometri. Hasi1 yang didapat menunjukkan bahwa pemberian infusa meniran hijau 10%, 20% dan suspensi glucophage dapat menurunkan kadar glukosa darah dibandingkan dengan kontrol. Sedangkan pemberian infusa meniran hijau 10% dan 20% dibandingkan dengan suspensi glucophage tidak menunjukkan perbedaan yang bermakna.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 21 Apr 2014 08:06
Last Modified: 21 Apr 2014 08:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/11404

Actions (login required)

View Item View Item