Penerapan Prinsip Matching Terhadap Pendapatan Dan Beban Serta Pengaruhnya Terhadap Laporan Keuangan Pada PT. A.J. Eka Life Surabaya

Purnama, Agus (1998) Penerapan Prinsip Matching Terhadap Pendapatan Dan Beban Serta Pengaruhnya Terhadap Laporan Keuangan Pada PT. A.J. Eka Life Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_1097_Abstrak.pdf

Download (105Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153713

Abstract

Dalam era globalisasi dan makin berkembangnya dunia usaha, badan usaha asuransi yang bergerak di bidang jasa mencoba untuk melaju mengikuti perkembangan jaman yang ada dan berusaha agar dapat melangsungkan usahanya dalam menghadapi era globalisasi ini. Pada saat ini badan usaha asuransi di Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini tidak lepas dari dukungan dari pemerintah yag ikut berperan serta dalam kemajuan ini. Dengan makin berkembangnya usaha asuransi ini membuat setiap badan usaha asuransi yang berkembang di Indonesia berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Untuk mencapai yang terbaik tiada jalan lain kecuali dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat akan badan usaha ini. Bagi badan usaha juga harus dapat memberikan laporan keuangan kepada rnasyarakat yang harus dapat dipercaya. Untuk memberikan laporan keuangan bagi badan usaha asuransi ini biasanya badan usaha-badan usaha tersebut mempunyai kesulitan-kesulitan tersendiri. Salah satunya adalah P.T. Asuransi Jiwa Eka Life. P.T. Asuransi Jiwa Eka Life adalah anak badan usaha dari Sinar Mas Group, dimana merupakm joint venture antara Ayala Group dan Bank Internasional Indonesia. Badan usaha ini mempunyai berbagai kesulitan, salah satunya dalam hal pengakuan pendapatannya. Pengakuan pendapatan badan usaha ini mengakui pendapatannya berdasarkan uang kas yang diterima. Pendapatan usaha di dalam badan usaha asuransi berasal dari penerimaan yang langsung diakui dan di catat pada saat realisasi pertanggungan sesuai dengan pertangggungan polis. Sedangkan biaya yang terjadi akan dicatat langsung pada periode tersebut, apabila hal ini terjadi berarti badan usaha ini tidak menerapkan prinsip matching dengan benar. Antara pendapatan dan biaya yang dikeluarkan harus dalam periode yang sama untuk mengakuinya agar dapat sesuai dengan prinsip matching. Matching principles sendiri adalah suatu proses untuk menbandingkan beban terhadap pendapatm dalam periode yang sama….

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 22 Apr 2014 10:50
Last Modified: 23 Apr 2014 06:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/11593

Actions (login required)

View Item View Item