Analisis Value Chain Cost Yang Mendukung Strategi Cost Leadership Guna Memperoleh Keunggulan Bersaing Pada PT. X Di Malang

Herman, Anie Winda (1998) Analisis Value Chain Cost Yang Mendukung Strategi Cost Leadership Guna Memperoleh Keunggulan Bersaing Pada PT. X Di Malang. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_1107_Abstrak.pdf

Download (112Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153729

Abstract

Subsidi, proteksi dan monopoli pada era persaingan saat ini tidak lagi ditekankan sehingga menuntut badan usaha rnelakukan efisiensi. Efisiensi yang dilakukan dengan peningkatan kinerja dan pemangkasan devisi pada suatu badan usaha akan membantu mengurangi biaya produksi. Pengurangan biaya produksi mengakibatkan harga produk jauh lebih murah, mempunyai kualitas prima dan badan usaha akan meningkatkan layanan purna jual. Agar keunggulan produk tak tergoyahkan dan tetap bertahan badan usaha berusaha melakukan analisis-analisis biaya untuk mencapai hasil yang akurat dan mampu membuat suatu produk memiliki keunggulan harga namun tidak meninggalkan mutu. Sumber informasi bagi manajemen adalah akuntansi manajemen yang dituntut mampu beradaptasi terhadap perkembangan agar informasi yang dihasilkan relevan, dapat diandalkan serta memberikan perspektif yang jelas mengenai peluang maupun ancaman. Analisis valuechain cost sebagai salah satu perkembangan akuntansi manajemen yang merupakan alat analisis untuk mengidentifikasi aktivitas dari keseluruhan mata rantai badan usaha yang berperan untuk menentukan keunggulan bersaing. Penemu metode ini adalah Michael E. Porter mengatakan bahwa penggolongan aktivitas secara tepat memerlukan putusan tersendiri yang rnenggambarkan kontribusi dalam badan usaha yang dibagi menjadi dua bagian besar yaitu aktivitas primer yang terdiri dari aktivitas inbound logistics, operations, outbound logistics, marketing and sales dan service. Aktivitas pendukung yang terdiri dari aktivitas procurement, technology development, human resource management dan firm infrastructure. Aktivitas primer adalah aktivitas yang ikut dalam penciptaan fisik produk, penjualan hingga ke konsumen. Aktivitas pendukung adalah aktivitas yang mendukung lima aktivitas primer. tersebut.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 24 Apr 2014 02:46
Last Modified: 24 Apr 2014 08:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/11716

Actions (login required)

View Item View Item