Isolasi Dan Identifikasi Senyawa Flavonoid Zz-1 Pada Fraksi Etil Asetat Ekstrak Metanol Rimpang Lempuyang Gajah (Zingiber zerumbet Smith)

Mahayeni, Ni Putu Jati (1996) Isolasi Dan Identifikasi Senyawa Flavonoid Zz-1 Pada Fraksi Etil Asetat Ekstrak Metanol Rimpang Lempuyang Gajah (Zingiber zerumbet Smith). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_Abstrak_504.pdf]
Preview
PDF
F_Abstrak_504.pdf

Download (71kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151345

Abstract

Indonesia merupakan negara yang banyak memiliki berbagai jenis tumbuhan yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai sumber obat-obatan. Dari sekian banyak tumbuhan berkhasiat di Indonesia, salah satunya adalah lempuyang gajah (Zingzber zerumbet Smith). Rimpang tanaman Zingiber zerumbet Smith ini sudah lama dikenal sebagai ramuan obat tradisional di Indonesia antara lain digunakan sebagai obat cacing, perut nyeri, borok, disentri, ginjal berbatu, sakit empedu, kurang nafsu makan, sesak nafas, wasir, kejang pada anak. Tanaman ini mengandung flavonoid. Dari data pustaka dan skrining awal yang telah dilakukan terhadap tanaman Zingiber zerumbet Smith ini, di temukan adanya kandungan flavonoid lebih dan 1 macam. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengisolasi dan mengidentifikasi senyawa flavonoid dari rimpang tanaman lempuyang gajah Zingiber zerumbet Smith. Metode penelitian yang digunakan adalah ekstraksi dan fraksinasi dimana dari fraksi etil asetat ekstrak metanol yang diperoleh mengandung senyawa flavonoid Pemurnian dilakukan dengan metode kromatografi lapis tipis preparatif, didapat senyawa Zz-2 dan Zz-1 yang murni secara KLT. Identifikasi senyawa Zz- 1 dilakukan dengan reaksi warna wilstater, KLT, KLT 2 dimensi dengan fase diam selulosa mikrokristalin serta fase gerak asam asetat: air (25 : 75) dan n-butanol : asam asetat : air (4 : 1 : 5) diambil bagian atasnya sedangkan penampak noda yang digunakan adalah uap NH4OH dan sinar ultra violet. Kemudian juga diamati dengan spektrofotometer ultra violet-tampak dmgan penambahan pereaksi geser, spektrofotometer infusa merah (IR) dan spektrometer massa (MS). Hasil identifikasi senyawa Zz-1 dapat disimpulkan bahwa senyawa Zz-1 adalah senyawa glikosida flavonol tersubstitusi pada C-3 yang mempunyai gugus OH bebas pada posisi C-5 dan C-7 serta mempunyai satu gugus –OCH3 (metoksi) yang belum diketahui posisinya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 26 Apr 2014 03:49
Last Modified: 28 Apr 2014 02:13
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/11997

Actions (login required)

View Item View Item