Isolasi Dan Identifikasi Senyawa Flavonoid Zz2 Pada Fraksi Etil Asetat Ekstrak Metanol Dari Rimpang Lempuyang Gajah (Zingiber zerumbet Smith)

Krismaningsih, Yayuk (1996) Isolasi Dan Identifikasi Senyawa Flavonoid Zz2 Pada Fraksi Etil Asetat Ekstrak Metanol Dari Rimpang Lempuyang Gajah (Zingiber zerumbet Smith). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_Abstrak_506.pdf]
Preview
PDF
F_Abstrak_506.pdf

Download (76kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151337

Abstract

Indonesia mempunyai tanah yang subur dan kaya akan tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat. Dari sekian banyak tumbuhan berkhasiat di Indonesia, salah satunya adalah lempuyang gajah (Zingiber zerumbet Smith). Tumbuhan ini banyak digunakan dalam pengobatan tradisional antara lain sebagai obat sakit perut, sakit kulit, sakit empedu, memperbaiki napsu mmakan, diare dan disentri, mengobati kelelahan, sakit kepala, susah buang air pada bayi, asma, obat gosok untuk penyakit rematik dan sitotoksik Dari pustaka disebutkan bahwa tanaman ini sdah satu senyawa kandungannya adalah senyawa flavanoid yaitu 3", 4"–O-diasetilafzeline. Dari skrining awal ditemukan adanya senyawa flavonoid minimal 2 macam. Berdasarkan hal tersebut penelitim ini dimaksudkan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi kandungan flavonoid yang ada pada rirnpang lempuyang gajah (Zingiber zerumbet Smith) dengan cara ekstraksi mulai dari pelarut non polar,ke polar. Serbuk rimpang kering, diekstraksi berturut-turut dengan pelarut klroform dan metanol menggunakah alat soxhlet. Ekstrak metanol, setelah dipekatkan, ditambah air dan diekstraksi dengan etil asetat. Fraksi etil asetat dikromatografi lapis tipis preparatif, dengan fasa diam selulosa mikrokristalin dan fasa gerak asam asetat 25% didapatkan dua senyawa flavonoid, senyawa Zz2 dan Zz1. Senyawa Zz2 murni diidentifikasi dengan pereaksi warna Wilstater, KLT,(dengan penampak noda uap amoniak, sinar UV 365 nm), spektrofotometri ultra violet tampak dengan teknik pergeseran panjang gelombang maksimum menunjukkan suatu flavon atau flavonol (C-3 tersubstitusi), maka dilakukan hidrolisis pada senyawa Zz1 dan disebut senyawa Zz2. Senyawa Zz2 diidentifikasi juga dengan spektrofotometri infra merah. Dan senyawa Zz2 diidentifikasi dengan spektrofotometer ultra violet tampak dan spektrometer massa. Dari hasil dan identifikasi senyawa Zz2 dan Zz2' dapat disimpulkan bahwa senyawa Zz2 mempunyai ciri-ciri termasuk senyawa glikosida flavonol dengan gugus gula tersubtitusi pada C-3 dan gugus OH bebas pada C-5,C-7, C-4' .

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 26 Apr 2014 03:54
Last Modified: 28 Apr 2014 01:39
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/11999

Actions (login required)

View Item View Item