Uji Perbedaan Indeks Pertumbuhan Antara Kultur Pucuk Solanum Khasianum C.B. Clarke (SK-1) Dan (SK-5) Serta Isolasi Kandungan Metabolit Sekunder Dari Kultur Pucuk Solanum Khasianum C.B. Clarke (SK-5)

Ariyani, Debby (1996) Uji Perbedaan Indeks Pertumbuhan Antara Kultur Pucuk Solanum Khasianum C.B. Clarke (SK-1) Dan (SK-5) Serta Isolasi Kandungan Metabolit Sekunder Dari Kultur Pucuk Solanum Khasianum C.B. Clarke (SK-5). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
F_Abstrak_523.pdf

Download (65Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151372

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang ldeks Pertumbuhan dari kutur pucuk SK-1 dan SK-5 pada media MS dengan BA 4 ppm dan mengisolasi kandungan metabolit sekunder. Pertumbuhan kultur pucuk SK-1 dan SK-5 dlevaluasi dengan menghitung fndeks pertumbuhan yang dilakukan dengan menimbang berat awal kultur pada saat penanaman serta berat kultur seteLah dikultivasi setiap 5 hari dan kelipatannya. Indeks pertumbuhan dihitung dari perbandingan berat akhir dengan berat awal kultur pucuk. Selanjutnya dllakukan analisa dengan metoda 'two tails' POOIED I-TEST dengan q = 0,05 untuk menguji kemaknaan dari perbedaan data hasil pengamatan Indeks pertumbuhan. Panen dilakukan pada berbagai umur dengan cara dicabut dari rnedianya, dibersihkan dari sisa media yang menempel serta dibersihkan dari akar dan kalusnya. Kemudian ditimbang, dikeringkan di bawah lampu dan di serbu k . Ekstraksi dilakukan untuk memperoleh kandungan metabolit sekunder dan analisa dilakukan terhadap fraisi Sterol Bebas dan Fraksi Hidrol_isat. Kromatografi Kolom dilakukan untuk mendapatkan beberapa fraksi kolom yang kemudian dianalisa dengan metoda Kromatografi Lapis Tipii untuk mendapatkan data kromatogram hasil ekstraksi Hasif analisa tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat Solasodin pada kultur pucuk SK-l dan SK-5. Sedangkan pada kultur pucuk SK-5 ditemukan senyawa sterol pada Fraksi Sterol Bebas maupun Fraksi Hidroj-isat serta sedikitnya terdapat l- l- macam kandungan metabotit sekunde.r dal-am kuLtur pucuk SK-5, dimana 4 macam kandungan terdapat pada Fraksi Sterot Bebas dan 7 macam terdapat pada Fraksi Hidrolisat.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 28 Apr 2014 04:16
Last Modified: 29 Jan 2016 02:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12052

Actions (login required)

View Item View Item