Penerapan Target Costing Sebagi Sarana Pendukung Strategic Cost Reduction Guna Mencapai Harga Jual Yang Kompetitif Pada PT. X Di Surabaya

LO, Chintia (1998) Penerapan Target Costing Sebagi Sarana Pendukung Strategic Cost Reduction Guna Mencapai Harga Jual Yang Kompetitif Pada PT. X Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_1136_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_1136_Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153739

Abstract

Dengan makin berkembangnya dunia usaha saat ini, menyebabkan persaingan yang ada juga semakin ketat. Saat ini konsumen yang menjadi fokus utama badan usaha bila badan usaha ingin tetap bertahan dalam persaingan, konsumen yang menentukan produk dan jasa apa yang dibutuhkan. Jadi produsen harus berusaha menyediakan produk dengan kuaiitas baik dan harga yang dapat diterima oleh konsumen. Badan usaha harus mempunyai strategi bersaing yang tepat untuk dapat bertahan dan berhasil. PT. "X" merupakan badan usaha yang memproduksi accumulator(accu). Dalam persaingan antar badan usaha yang memproduksi accu harga merupakan faktar yang paling penting diperhatikan daripada fungsionalitas, karena seluruh badan usaha sejenis mampu menyediakan accu dengan kualitas dan fungsi yang sama tetapi dengan harga yang bervariasi. Cara penentuan harga oleh PT "X" adalah dengan metode cost plus markup yaitu dengan menghitung biaya terlebih dahulu kemudian ditambah dengan sejumlah mark up tertentu. Tetapi ternyata harga yang ditamkan PT "X" dengan menggunakan metode ini lebih tinggi dari pada harga yang ditawarkan pesaing dan harga yang sesuai dengan keinginan konsumen sehingga terjadi penurunan penjualan accu PT "X. Untuk itu PT 'X" harus melakukan cost reduction, dan hal ini harus dilaksanakan secara terus menerus dalam jangka panjang artinya usaha penurunan biaya harus dilakukan melalui suatu strategi. Salah satu sistem biaya yang dapat mendukung strategic cost reduction adalah target costing. Pendekatan ini dimulai dengan mencari tahu apa yang menjadi preferensi konsumen, kemudian dari informasi ini ditentukan target harga dan dikurangkan dengan profit yang dikehendaki maka dipoleh target cost.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 28 Apr 2014 04:42
Last Modified: 30 Apr 2014 03:14
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12063

Actions (login required)

View Item View Item