Analisis Manfaat Quality Assurance Dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Pembelajaran Pada Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Surabaya

LUNARTO, IVOR (2014) Analisis Manfaat Quality Assurance Dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Pembelajaran Pada Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/235706

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivitasan Quality Assurance terhadap perannya yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada jurusan akuntansi FBE UBAYA, yang dinilai dari persepsi Quality Assurance, dosen, mahasiswa, dan juga asisten, dari produk yang dibuatnya yaitu kuesioner evaluasi pembelajaran online, dan juga berusaha untuk memberikan rekomendasi apabila ada kelemahan yang terkait. Peneliti menilai keefektivitasan dari Quality Assurance yang diterapkan oleh UBAYA dengan berbagai metode pengambilan data berupa wawancara dan analisis dokumentasi. Dengan metode pengambilan diatas maka peneliti mengharapkan dapat menemukan peran yang diberikan Quality Assurance untuk memberi kontribusi terhadap kualitas pembelajaran pada jurusan akuntansi FBE UBAYA. Hasil dari penelitian ini bahwa Quality Assurance tidak memberikan peran yang signifikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada jurusan akuntansi FBE UBAYA, dikarenakan ketidakefektifan dalam kegiatan penjaminan mutu untuk kualitas pembelajaran dari proses evaluasi pembelajaran yang disebabkan oleh beberapa kelemahan seperti kuesioner pembelajaran online yang kurang baik, lalu juga desain dan sistem informasi yang ada sehingga evaluasi mata kuliah berjalan kurang maksimal, dan juga kualitas pembelajarannya sendiri yang masih belum diserap seluruhnya oleh Quality Assurance. Rekomendasi yang diberikan yaitu merubah isi dari kuesioner melalui desain dengan meminta feedback yang terkait pada dosen, lalu juga meningkatkan pengambilan data dan juga sosialisasi, distribusi dokumen kepada pihak yang memerlukan agar Quality Assurance bisa mendapatkan informasi yang lebih relevan dan komplit, dan juga penerapan sistem reward dan punishment untuk meningkatkan kinerja dosen.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 29 Apr 2014 03:21
Last Modified: 29 Apr 2014 03:21
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12263

Actions (login required)

View Item View Item