Pembangunan dan Penerapan Balanced Scorecard Melalui Learning and Growth Perspective sebagai Alat untuk Mengukur Kinerja Salesman dan Delivery Team pada CV Z di Surabaya

Goenarso, Viona Brigita (2004) Pembangunan dan Penerapan Balanced Scorecard Melalui Learning and Growth Perspective sebagai Alat untuk Mengukur Kinerja Salesman dan Delivery Team pada CV Z di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_1929_Abstrak.pdf

Download (78Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152884

Abstract

Setiap organisasi pasti melakukan aktivitas pengukuran terbadap kineija orang lain dalam perusahaannya, yang tentu saja berbeda antara satu organisasi dengan yang lain. Demikian pula CV "Z". Sistem pengukuran kinerja salesman dan delivery team CV "Z" dinilai memiliki beberapa kelebihan namun masih terdapat beberapa kelemahan. Sebagian besar fokus sistem pengukuran kinerja salesman dan delivery team CV "Z" masih terletak pada pencapaian target-target penjualan (keuangan) dan target­ target konsumen (pencapaian target jumlah konsumen dan on time deliw!ry). Bagian penting yang kurang mendapat perhatian adalah operasi bisnis internal CV "Z" dan proses peningkatan kualitas dan pengembangan kemampuan anggota CV "Z" (termasuk salesman dan delivery team). Padahal salesman dan delivery team CV "'Z:' juga merupakan salah satu komponen penting dalam CV "Z".Hal ini menimbulkan beberapa masalah bagi CV "Z". Suatu sistem pengukuran kinerja harus sesuai dengan visi, misi dan strategi. Karena sebagian besar perhatian sistem pengukuran kinerja salesman dan delivery team CV "Z" terletak pada target penjualan (keuangan) dan konsumen, maka tentunya sistem tersebut sudah sesuai untuk visi, misi dan strategi yang berhubungan dengan penjualan (keuangan) dan konsumen saja, sedangkan sistem pengukuran kinerja yang berkaitan dengan visi, misi dan strategi yang lain belum terwujud sepenuhnya. Balanced Scorecard menawarkan CV "Z" suatu altematif pemecahan untuk mengatasi kelemaban tersebut. Balanced Scorecard merupakan sistem pengukuran kinerja yang memotivasi bawahan untuk mengeksploitasi segenap kemampuannya untuk mewujudkan visi, misi dan strategi organisasi. Balanced Scorecard adalah proses menterjemahkan visi, misi dan strategi organisasi ke dalam langkah-langkah operasional yang mudah dipahami dan dilaksanakan oleh bawahan. dan hasilnya diuk:ur melalui keseimbangan (dalam arti yang luas) empat perspektif. Hasil pengukuran itu digunakan sebagai umpan balik terhadap visi, misi dan strategi, serta sebagai proses pembelajaran. Balanced Scorecard (leaming and growth perspective) melengkapi sistem pengukuran kinerja salesman dan delivery team CV "Z" dengan alat ukur yang dapat mengembangkan kemampuan, memotivasi, memuaskan, dan memberikan imbalan yang layak bagi salesman dan delivery team, yaitu laporan training, daftar kesalahan salesman dan delivery team dan graftk-grafik perkembangaonya, survei kepuasan salesman dan delivery team, number of suggestions per employee and the impelementation, dan grafik-grafik untuk mengetahui perkembangan kemampuan salesman dan delivery team CV "Z"'.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 29 Apr 2014 07:56
Last Modified: 29 Apr 2014 07:56
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12342

Actions (login required)

View Item View Item