Isolasi Dan Identifikasi Senyawa Flaovonoid Cen I Pada Fraksi Etil Asetat Dari Herbana Pegagan (Centella Asiatica (L) Urban)

Agustiati, Shanti (1999) Isolasi Dan Identifikasi Senyawa Flaovonoid Cen I Pada Fraksi Etil Asetat Dari Herbana Pegagan (Centella Asiatica (L) Urban). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
F_775_Abstrak.pdf

Download (52Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151107

Abstract

Herba pegagan (Centel/a asiatica (L) Urb.) merupakan tumbuhan obat yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional, diantaranya untuk diuretik, obat sariawan, penambah nafsu makan, penurun panas, obat asma, obat luka terbuka maupun Iuka bakar. Dari pustaka diketahui bahwa herba pegagan mengandung flavonoid, terpenoid dan poliasetilena. Pada penelitian ini dilakukan isolasi dan identifikasi flavonoid dari fraksi etil asetat yang didapat dengan cara ekstraksi menurut metode Markham (1988) yang dimodifikasi dan fraksinasi dengan metode Charaux - Paris. Dari fraksi etil asetat dilakukan identifikasi dengan KLT dan didapatkan 5 noda dengan harga Rf berbeda. Dari 5 noda tersebut dilakukan isolasi lanjut dengan kromatografi lapis tipis preparatif, dan dilakukan uji kemurnian isolat secara kromatografi lapis tipis. Satu isolat murni diidentifikasikan menggunakan spektrofotometri ultraviolet dan spektrofotometri infra merah. Dari hasil identifikasi dapat disimpulkan bahwa senyawa yang berhasil disolasi adalah senyawa flavon dengan gugus OH bebas pada C3, C4 dan C7.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 29 Apr 2014 10:08
Last Modified: 29 Apr 2014 10:08
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12379

Actions (login required)

View Item View Item