Aktivitas Peredam Radikal Bebas Fraksi Eter dan Fraksi n-Butanol Ekstrak Etanol Daun Bungur Besar (Lagerstroemia speciosa Pers.) terhadap 1,1-Diphenyl-2-Picryl Hidrazyl (DPPH)

Setiarini, Ni Nyoman Hevy (2010) Aktivitas Peredam Radikal Bebas Fraksi Eter dan Fraksi n-Butanol Ekstrak Etanol Daun Bungur Besar (Lagerstroemia speciosa Pers.) terhadap 1,1-Diphenyl-2-Picryl Hidrazyl (DPPH). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_3064_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_3064_Abstrak.pdf

Download (41kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154884

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk menentukan aktivitas peredam radikal bebas dari fraksi eter dan n-butanol ekstrak etanol daun bungur besar secara kualitatif dan kuantitatif. Ekstraksi serbuk daun bungur besar menggunakan maserasi kinetik dengan pelarut etanol 90% sehingga didapatkan ekstrak etanol. Ekstrak etanol dilakukan fraksinasi menggunakan pelarut eter, etil asetat, dan n-butanol, sehingga didapatkan fraksi eter, etil asetat, dan n-butanol. Uji aktivitas peredam radikal bebas DPPH secara kualitatif dilakukan dengan reaksi warna dan KLT, yang ditunjukkan dengan memudarnya warna ungu dari larutan DPPH 0,004% jika bereaksi dengan larutan uji. Pada pengujian secara kuantitatif dilakukan dengan metode spektofotometri tampak, diamati absorbansinya pada panjang gelombang 518,675 nm pada menit ke-25 untuk fraksi eter dan 30 menit untuk fraksi n-butanol. Dari pengamatan absorbansi tersebut maka diperoleh % peredaman DPPH 0,004% dari masing-masing fraksi. Kemudian dibuat persamaan regresi linier antara konsentrasi vs % peredaman. Dari persamaan tersebut dapat digunakan untuk menghitung nilai EC50 fraksi eter dan n-butanol, menghasilkan EC50 masing-masing sebesar 234,54 bpj dan 55,36 bpj. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa fraksi eter dan fraksi n-butanol mempunyai aktivitas peredam radikal bebas. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara fraksi eter dan n-butanol ekstrak etanol daun bungur besar.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Radikal Bebas, Fraksi Eter, Fraksi n-Butanol, Ekstrak Etanol, Daun Bungur Besar
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 30 Apr 2014 04:08
Last Modified: 30 Apr 2014 04:08
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12431

Actions (login required)

View Item View Item