Studi Deskriptif Service Convenience Paket Tur, Tiket Pesawat, Tiket Obyek Wisata dan Voucher Hotel yang Dibeli Melalui Internet Berdasarkan Persepsi Konsumen di Surabaya

NATALIA, DESI (2011) Studi Deskriptif Service Convenience Paket Tur, Tiket Pesawat, Tiket Obyek Wisata dan Voucher Hotel yang Dibeli Melalui Internet Berdasarkan Persepsi Konsumen di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4954_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4954_Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/223398

Abstract

Penyajian layanan yang memberikan kenyamanan dipertimbangkan sebagai suatu strategi untuk sukses dan tetap hidup dalam lingkungan persaingan saat ini. Dalam bisnis jasa, interaksi konsumen dengan penyedia jasa sangat tinggi, mengingat pada sebagian besar bisnis jasa, pelanggan dituntut keterlibatan dan partisipasinya dalam proses produksi dan konsumsi. Dengan demikian, pelanggan memiliki kesempatan untuk menilai secara kritis kualitas jasa yang disediakan. Service convenience menggambarkan kenyamanan dari suatu layanan yang dinilai dari waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk merasakan suatu layanan. Semakin sedikit waktu dan usaha yang dibutuhkan atau dikeluarkan untuk merasakan suatu layanan, maka akan layanan tersebut akan dinilai semakin nyaman. Dari berbagai produk industri pariwisata, yang bisa dibeli secara online antara lain: tiket pesawat, tiket masuk ke obyek wisata, voucher hotel, dan paket tur. Service convenience menggambarkan kenyamanan yang dirasakan oleh pelanggan berhubungan dengan decision, access, transaction, benefit, dan post benefit convenience. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan service convenience paket tur, tiket pesawat, tiket obyek wisata, dan Voucher hotel yang dibeli melalui internet oleh responden di Surabaya. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka masalah dalam penelitian ini dibatasi pada service convenience paket tur, tiket pesawat, tiket obyek wisata, dan voucher hotel yang dibeli melalui internet oleh responden di Surabaya, yang diukur berdasarkan lima jenis service convenience menurut Barry, et al. (2002:6), yaitu: decision convenience, access convenience, transaction convenience, benefit convenience dan postbenefit convenience. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hitung variabel service convenience pembelian paket tur melalui internet berdasarkan persepsi konsumen di Surabaya yang tertinggi terdapat pada dimensi decision convenience. Dimensi service convenience dalam pembelian tiket pesawat melalui internet yang menunjukkan rata-rata tertinggi adalah dimensi benefit convenience. Ketika membeli tiket obyek wisata melalui internet, konsumen merasa sangat nyaman ketika mengadakan transaksi pembelian. Ketika membeli voucher hotel melalui internet, konsumen merasa paling nyaman dalam mengadakan transaksi pembelian, karena untuk menyelesaikan proses pembayaran voucher hotel di internet, dibutuhkan waktu yang cepat.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Service Convenience, Service, Tourism Products
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 01 May 2014 12:36
Last Modified: 01 May 2014 12:36
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12552

Actions (login required)

View Item View Item