Pengaruh Promotion Mix terhadap Volume Penjualan pada CV. Maxi Supermarket, Balikpapan

SANTOSO, CHRISTIAN (2011) Pengaruh Promotion Mix terhadap Volume Penjualan pada CV. Maxi Supermarket, Balikpapan. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
M_4985_Abstrak.pdf

Download (146Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/224002

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, keberadaan pasar tradisional mulai tergeser oleh keberadaan bisnis eceran moderen. Pertumbuhan pasar modern menunjukkan trend yang positif tiap tahunnya dan pertumbuhan ini menyebabkan terjadinya persaingan dalam bisnis ritel. Salah satu strategi agar suatu badan usaha mampu bersaing adalah dengan menggunakan strategi bauran promosi (promotion mix) yang baik. Persaingan dalam bisnis ritel juga terjadi dialami oleh CV. Maxi Supermarket, Balikpapan. Dilihat dari segi strategi marketing mix, yang paling ditonjolkan CV. Maxi Supermarket, Balikpapan adalah promosinya. CV. Maxi Supermarket menggunakan 2 alat promotion mix, yaitu: advertising dan sales promotion. Untuk sales promotion dibedakan menjadi 2, yaitu: sales promotion 1 (hadiah langsung) dan sales promotion 2 (hadiah undian). Untuk hadiah undian setiap 6 bulan sekali CV. Maxi Supermarket mengadakan undian dengan hadiah-hadiah menarik, seperti: televisi, sepeda motor, ponsel dan undian ini menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa dokumen asli volume penjualan dan biaya promotion mix CV. Maxi Supermarket pada Januari 2007 - Desember 2009. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan tujuannya termasuk kausal karena penelitian ini dilakukan untuk membuktikan hubungan sebab-akibat antara variabel promotion mix terhadap volume penjualan pada CV. Maxi Supermarket. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa promotion mix memiliki pengaruh positif signifikan terhadap peningkatan penjualan sehingga semakin tinggi biaya promotion mix, maka volume penjualan produk pada CV. Maxi Supermarket semakin meningkat.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Promotion Mix, Marketing Mix, Advertising, Sales Promotion, Volume Penjualan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 02 May 2014 03:25
Last Modified: 02 May 2014 03:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12615

Actions (login required)

View Item View Item