Pengaruh Infus Daun Kumis Kucing (Orthosiphon aristalus (Bl.) Miq) Sebagai Pengahncur Batu Kandung Kemih Buatan Pada Tikus Putih (Rat)

Theresia, Cindrawati (1993) Pengaruh Infus Daun Kumis Kucing (Orthosiphon aristalus (Bl.) Miq) Sebagai Pengahncur Batu Kandung Kemih Buatan Pada Tikus Putih (Rat). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
F_Abstrak_289.pdf

Download (54Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151573

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai Infus Daun Kumis Kucing sebagai penghancur batu pengaruh kandung kemih buatan pada tikus putih. Hewan model dengan kandung kemih berbatu dibuat menurut teknik Liao, Cs, et al (1981) dari Department of Pharmacology, Medical College of Viroinia, USA dengan menggunakan inti dari benang sutera no. 8 sepanjang 7 mm . Apabila terbentuk batu/calculi benang akan dikelilingi oleh semacam endapan berupa kristal putih. Dalam pene}itian ini panjang benang suteranya disesuaikan dengan percobaan yang pernah dilakukan di Indonesia oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Farmasi Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Kesehatan Republik Indonesia Jakarta ( WahjoediB, 1989). Pemberian bahan obat pada hewan percobaan bertujuan untuk mengetahui pengaruh Infus Daun Kumis Kucing sebagai penghancur batu kandung kemih buatan pada tikus putih. Infus diberikan dengan kadar 6%, 12%, dan 24% secara peroral selama 7 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Infus Daun Kumis Kucing dengan kadar 6%, 12% dan 24% berkhasiat menghancurkan batu kandung kemih buatan ini. Pada kadar 12% hancuran batunya paling banyak dan batunya paling berat dibandingkan dengan kadar 6% dan 24%.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 02 May 2014 08:18
Last Modified: 02 May 2014 08:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12706

Actions (login required)

View Item View Item