Sintesa Senyawa 2 - Hidroksi - 3 - Metoksi - Benzoil Oktilamida Serta Uji Daya Hambat Terhadap Escherichia Coli, Staphylococcus Aureus, DAN Bacillus Subtilis.

., Alfred (2000) Sintesa Senyawa 2 - Hidroksi - 3 - Metoksi - Benzoil Oktilamida Serta Uji Daya Hambat Terhadap Escherichia Coli, Staphylococcus Aureus, DAN Bacillus Subtilis. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
F_896_Abstrak.pdf

Download (55Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/150996

Abstract

Penyakit infeksi merupakan salah satu penyakit rakyat yang cukup luas penyebarannya sehingga kebutuhan obat anti infeksi seperti antibiotika cukup besar. Namun kebutuhan antibiotika tersebut tidak diimbangi dengan penggunaannya oleh masyarakat, artinya hanya sebagian kecil masyarakat saja yang menggunakannya. Hal ini disebabkan antara lain karena antibiotika merupakan obat yang harganya mahal. Menyikapi hal ini, maka dalam penelitian ini dicoba untuk membuat suatu senyawa antimikroba dengan bahan dasar yang cukup murah, yang diharapkan dapat mempunyai aktivitas biologis yang baik dan dapat digunakan oleh masyarakat luas. Senyawa 2-hidroksi-3-metoksi-benzoiloktilamida dibuat menggunakan proses amidasi pada suhu 55°C dalam pelarut THF. Hasil sintesa dimurnikan dengan kromatografi kolom dan ditentukan jumlah dan jenis proton serta karbon menggunakan spektrometer 1 H-RMI dan 13C-RML Senyawa mumi kemudian diuji aktivitas daya hambatnya terhadap pertumbuhan E. coli, S. aureus, dan B subtilis menggunakan metode silinder cup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa 2-hidroksi-3-metoksi-benzoil oktilamida yang dicoba disintesa dapat menghambat pertumbuhan bakteri E. coli, S. auureus, dan R. subtilis.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 03 May 2014 03:18
Last Modified: 03 May 2014 03:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12749

Actions (login required)

View Item View Item