Pengaruh Pengungkapan Informasi Corporate Social Responsibility Terhadap Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan High Profile Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2010-2012

TRIASTUTI, FABITA (2013) Pengaruh Pengungkapan Informasi Corporate Social Responsibility Terhadap Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan High Profile Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2010-2012. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/235735

Abstract

Selama ini, para pelaku pasar cenderung menggunakan informasi laba dalam menilai prospek perusahaan di masa mendatang, tertutama dalam hal pengambilan keputusan investasi. Namun, kini pasar juga semakin kritis terhadap hal-hal yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan, salah satunya adalah corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan oleh perusahaan. Pengungkapan informasi CSR diharapkan memiliki kandungan informasi sehingga pasar (investor) akan bereaksi setelah pengumuman itu diterima. Reaksi tersebut ditunjukkan dengan peningkatan harga saham. Jika suatu pengumuman mengandung informasi, maka akan tercermin dengan adanya abnormal return yang diterima oleh investor. Besaran yang menunjukkan hubungan antara laba dan return saham ini yang disebut dengan koefisien respon laba (earnings response coefficient – ERC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan informasi corporate social responsibility (CSR) dalam laporan tahunan (annual report) perusahaan terhadap earnings response coefficient (ERC). Penelitian ini menggunakan Corporate Social Responsibility Index (CSRI) sebagai ukuran dalam setiap pengungkapan CSR tersebut, dimana menggunakan pendekatan dikotomi. Hal ini berdasarkan indikator Global Reporting Initiative (GRI). Penggunaan sampel pada penelitian ini adalah sebesar 165 perusahaan high profile yang terdaftar di BEI periode 2010-2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan informasi CSR, dalam laporan tahunan mempengaruhi ERC secara positif, tetapi tidak signifikan. Dalam penelitian ini, pengungkapan CSR tidak mampu membantu investor dalam menginterpretasikan laba dengan lebih baik, sehingga investor tidak akan mempertimbangkan pengungkapan CSR yang dilakukan perusahaan untuk pengambilan keputusan investasi. Investor akan tetap melihat laba sebagai indikator earning power dan return di masa mendatang.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Corporate Social Responsibility,
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 05 May 2014 08:26
Last Modified: 05 May 2014 08:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12938

Actions (login required)

View Item View Item