Studi Eksploratori Lovemarks pada Penggemar Produk Merek Zara di Surabaya

KUSUMA, VICTOR HENDRA (2011) Studi Eksploratori Lovemarks pada Penggemar Produk Merek Zara di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
M_5041_Abstrak.pdf

Download (77Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/225603

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam atau mengeksplorasi lovemarks pada penggemar Zara di Surabaya. Penelitian ini dibatasi pada penelitian penggemar Zara yang bertempat tinggal Surabaya, menggunakan konsep lovemarks oleh Kevin Roberts (2004) dengan ruang lingkup penelitian pada Mystery (Tell your stories; Use your pasy; Present; and Future; Tap Into Dream; Nature Your Myths and Icon; Build On Inspiration), Sensuality (sound, sight ,smell, Touch,Taste), dan Intimacy (Emphaty;Commitment;Passion). Dalam penelitian ini instrument pengambilan data yang digunakan adalah wawancara secara mendalam (depth interview). Langkah pertama yang dilakukan dalam analisis data adalah memberi tanda kode (open coding) terhadap jawaban informan berdasarkan hasil transkip wawancara. Setelah melakukan open coding maka selanjutnya dilakukan tabulasi data melalui axial coding, kemudian dilanjutkan dengan tabulasi koding selektif (selective coding) untuk menyeleksi dan mereduksi data dari koding axial (axial coding). Setelah itu melakukan Interpolasi dari hasil koding selektif (selective coding) untuk dapat mengetahui lovemarks pada penggemar Zara di Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa hal sebagai berikut: Elemen mystery yang diungkapkan oleh informan adalah: Menyukai merek Zara, Mengingat waktu pertama kali tahu dan suka Zara, Menyukai desain produk Zara, Memperhatikan perkembangan Zara, Zara cepat mengeluarkan model baru, Terasa tampil beda kalau menggunakan produk Zara, Produk Zara tidak banyak yang menyamai , Suka dengan suasana dan pelayanan di toko Zara, Puas dengan Zara, Merekomendasikan Zara. Elemen sensuality yang diungkapkan oleh informan adalah: Produk Zara nyaman dipakai, Produk Zara bahannya bagus, Produk Zara tidak terlihat murahan. Elemen intimacy yang diungkapkan oleh informan adalah: Jumlah produk Zara lebih dari sepuluh, selalu mengingat Zara, cocok langsung beli, Selalu ingin beli produk Zara, Kecewa produk Zara yang dimiliki rusak, Berkorban lebih demi Zara Koleksi produk Zara.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Lovemarks, Mystery, Sensuality, Intimacy
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 05 May 2014 11:17
Last Modified: 05 May 2014 11:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12981

Actions (login required)

View Item View Item