Validasi Metode Destruksi Kering Penetapan Kadar Logam Arsen (Aa) dan Timbal (Pb) Dalam Udang Putih (Metapenacus Monocerus) Secara ICPS (Inductively Coupled Plasma Spectrometer).

Matair, Nita (2000) Validasi Metode Destruksi Kering Penetapan Kadar Logam Arsen (Aa) dan Timbal (Pb) Dalam Udang Putih (Metapenacus Monocerus) Secara ICPS (Inductively Coupled Plasma Spectrometer). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_907_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_907_Abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/150984

Abstract

Pada umumnya pembudidayaan udang bertujuan untuk kepentingan ekspor. Supaya dapat diekspor, maka udang-udang tersebut harus mernenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan, antara lain batas maksirnurn cemaran logam. Untuk dapat mengetahui apakah kadar logarn di dalam sampel udang melebihi batas maksimum atau tidak, maka dilakukan penetapan kadar logam dalam sampel. Sebelum dilakukan penetapan kadar logam dalam sampel, suatu metode harus dibuktikan apakah metode tersebut valid atau tidak. Tujuan dari penelitian •ini adalah untuk menghitung harga parameter-parameter validasi metode yaitu sclektivitas, linieritas, batas deteksi, batas kuantitasi , akurasi dan presisi. .Dalam penelitian ini dipilih metode destruksi kering dan diamati secara Inductively Coupled Nasma Spectrometer (ICPS). Matriks yang digunakan adalah udang putih yang berasal dari daerah Sedati. Untuk logam As dan Pb, dilakukan destruksi kering kemudian abu dilarutkan dalam asam encer. Untuk penentuan % recovery, ditambahkan larutan standar adisi dengan tujuan supaya kadar As maupun kadar Ph dapat teramati dan dapat dibedakan dari noise. Metode yang digunakan ini memenuhi persyaratan validasi dengan hasil sebagai berikut : • Logam As pada panjang gelombang 234,984 nm dengan linieritas r = 0,9999 dan Vx0 = l,27 %, batas deteksi = 0,57 mg/L, batas kuantitasi = 1,89 mg/L, akurasi = 95,36 % dan presisi = 4,81 % • Logam Pb pada panjang gelombang 283,306 nm dengan linieritas r = 0,9996 dan Vxo = 2,77 %, batas deteksi = 0,71 mg/L, batas kuantitasi = 2,36 mg/L, akurasi = 87,12% dan presisi = 5,72% Selanjutnya, metode destruksi kering ini dapat digunakan untuk menetapkan kadar logam As dan Pb dalam udang putih (Metapenaeus monoceros) secara ICPS.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 06 May 2014 05:09
Last Modified: 06 May 2014 05:09
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13083

Actions (login required)

View Item View Item