Isolasi dan Identifikasi Senyawa Flavonoid Fraksi Air Sisa Ekstrak Metanol-air Daun Belimbing Wuluh (averrhoa Bilimbi L.)

Handadari, Catharina Dian Novita (2011) Isolasi dan Identifikasi Senyawa Flavonoid Fraksi Air Sisa Ekstrak Metanol-air Daun Belimbing Wuluh (averrhoa Bilimbi L.). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_3250_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_3250_Abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/225563

Abstract

Telah dilakukan isolasi dan identifikasi senyawa flavonoid fraksi air sisa ekstrak metanol-air daun belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.), secara Spektrofotometri UV-Tampak. Ekstraksi daun belimbing wuluh dilakukan dengan maserasi kinetik menggunakan pelarut metanol : air (9:1) dan (1:1) masing-masing sebanyak dua kali dan kemudian disaring. Filtrat yang diperoleh dipekatkan di rotary evaporator dilanjutkan dengan waterbath sampai didapat ekstrak methanol-air. Hasil ekstraksi difraksinasi berturut-turut menggunakan n-heksan, eter dan etilasetat. Identifikasi flavonoid fraksi air sisa dengan reaksi warna wilstater menunjukkan hasil positif warna merah jingga. Selanjutnya dilakukan pemisahan fraksi air sisa dengan kromatografi lapis tipis preparatif, menghasilkan 4 pita. Identifikasi menggunakan spektrofotmetri UV-Tampak didapatkan senyawa pita nomor 1, 2, dan 3 memiliki profil kemiripan spektrum yang berbeda dengan literatur (Markham) dan senyawa pita nomor 4 merupakan senyawa Isoflavon yang setelah analisa spektrum dengan penambahan pereaksi geser disimpulkan merupakan senyawa Isoflavon yang tidak memiliki gugus OH.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Blimbing Wuluh, Averrhoa Bililmbi L., Flavonoid, Spektrofotometri, UV-Tampak
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 06 May 2014 07:00
Last Modified: 06 May 2014 07:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13153

Actions (login required)

View Item View Item