Uji Efektifitas Insect Repellent Nabati Ekstrak Etanol Daun Mimba (Azadirachta Indica A. Juss) terhadap Nyamuk Aedes Aegypti L.

Tusdayanti, Wayan Septi (2011) Uji Efektifitas Insect Repellent Nabati Ekstrak Etanol Daun Mimba (Azadirachta Indica A. Juss) terhadap Nyamuk Aedes Aegypti L. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_3265_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_3265_Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/225772

Abstract

Telah dilakukan penelitian efektivitas insect repellent nabati ekstrak etanol daun mimba (Azadirachta indica A. Juss) terhadap nyamuk Aedes aegypti L. Bagian tanaman yang digunakan adalah daun mimba (Azadirachta indica A. Juss). Serbuk daun mimba diekstraksi secara maserasi kinetik selama 1 jam dengan menggunakan pelarut etanol 70% dan 96%, kemudian dibuat dalam beberapa konsentrasi. Parameter efektivitas insect repellent ekstrak etanol daun mimba (Azadirachta indica A. Juss) terhadap nyamuk Aedes aegypti L. dilakukan dengan menghitung jumlah nyamuk yang hinggap dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk nyamuk hinggap pertama kali pada telapak tangan sukarelawan. Pada telapak tangan kanan sukarelawan disemprotkan ekstrak etanol daun mimba (Azadirachta indica A. Juss) pada konsentrasi 10000 bpj jumlah nyamuk yang hinggap lebih sedikit, menunjukkan bahwa ada perbedaan antara peningkatan konsentrasi dengan jumlah nyamuk yang hinggap. Ekstrak etanol 70% memiliki efektifitas lebih rendah dibandingkan dengan ekstrak etanol 96% dilihat pada konsentrasi 5000 bpj untuk uji 15 menit kemudian untuk ekstrak etanol 70% tidak memberikan efektifitas tetapi pada ekastrak etanol 96% memberikan efektifitas.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Daun Mimba, Azadirachta Indica A. Juss, Ekstrak Etanol, Insect Repllent, Nyamuk Aedes Aegypti L.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 06 May 2014 09:49
Last Modified: 06 May 2014 09:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13228

Actions (login required)

View Item View Item