Analisis Key Success Factor dalam Mendukung Penerapan Strategy Focus untuk Menghadapi Persaingan pada Perusahaan Jasa Pengangkutan Darat PT.Kencana Rahayu di Surabaya

Dewi, Anneke Setia (2005) Analisis Key Success Factor dalam Mendukung Penerapan Strategy Focus untuk Menghadapi Persaingan pada Perusahaan Jasa Pengangkutan Darat PT.Kencana Rahayu di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_1992_Abstrak.pdf

Download (86Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152822

Abstract

Persaingan global pada saat ini sudah merupakan fenomena yang tak terhindarkan dalam dunia industri, hal ini ditandai dengan perubahan-perubahan yang serba cepat di bidang komunikasi, informasi, dan teknologi. Dalam era ini baik kegiatan manufaktur maupun jasa sangat membutuhkan kemampuan baru agar perusahaan dapat kompetitif. Perusahaan harus dapat dengan cepat merespons perubahan-perubahan agar dapat memenangkan persaingan global. Untuk menentukan keunggulan kompetitifirya, badan usaha harus mengidentifikasi faktor-faktor internal dan ekternal yang dapat menjadi kunci keberhasilannya. Factor-faktor ini di sebut juga sebagai key success factors( critical success factors). Identifikasi key success.factors ini dapat dilakukan dengan melakukan analisis pelanggan, analisis permintaan, dan analisis persaingan, menurut Grant ( 1995). Menurut Atkinson (1997), ada tiga key success factors, yaitu cost, quality, dan semice. Badan usaha harus berhati-hati dalam mengidentifikasi key success factorsnya. Bila badan usaha telah menetapkan apa yang menjadi key success .factorsnya dengan tepat, maka akan menunjang keberhasilan badan usaha dalam mencapai tujuan, dan system pengendalian yang dilakukan dapat lebih difokuskan pada faktor-faktor yang sangat penting bagi pencapaian tujuan badan usaha. Key success factors merupakan informasi non finansial yang dapat membantu badan usaha dalam menentukan strategi yang sebaiknya diterapkan. oleh badan usaha untuk dapat meningkatkan perolehan laba dengan menganalisis semua fakor-faktor yang ada dalam badan usaha tersebut. Pengidentifikasian key success .factorc yang tepat dapat mendukung peneftlpan strategi bersaing badan usaha. Strategi ini bernrj uan untuk menemukan posisi dalam industri sehingga perusahaan dapat bertahan dalam persaingan. Strategi ini penting untuk menghadapi kekuatan persaingan sehingga badan usaha dapat tetap bertahan dan berkembang di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat dan mengglobal. Penelitian ini dilakukan pada PT. Kencana Rahayu, yang merupakan perusahaan jasa pengangkutan. Agar dapat bertahan dalam persaingan, perusahaan ini memberikan jasa pengangkutan yang mengutamakan kualitas, layanan, dan dengan ongkosan yang kompetitif. Perusahaan ini mengutamakan layanan pada pelanggan untuk mempertahankan kepercayaan pelanggan lama, untuk menciptakan loyalitas pelanggan baru, serta mendukung strategi bersaing, yaitu strategi focus .Dengan strategi ini kegiatan operasional perusahaan menjadi efektif', efisien, sehingga keduanya dapat memberikan keunggulan bagi PT. Kencana Rahayu di banding pesaing.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 07 May 2014 01:51
Last Modified: 07 May 2014 01:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13279

Actions (login required)

View Item View Item