Pembuatan Aplikasi Perancangan Model Papercraft untuk Anak TK dan SD

IWAN, FERDI (2011) Pembuatan Aplikasi Perancangan Model Papercraft untuk Anak TK dan SD. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_1460_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TI_1460_Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/224462

Abstract

Dalam perkembangannya seorang anak sangatlah senang untuk mencoba hal – hal baru dalam bermain atau berkreasi dalam menciptakan suatu hal. Salah satu contohnya adalah kegemaran anak – anak dalam menggambar dan melipat, seperti halnya mereka gemar dalam menggambar dan merakit sebuah Papercraft . Papercraft merupakan seni melipat kertas yang hampir mirip dengan Origami , tapi yang membuat beda yaitu hasil yang dihasilkan berupa bentuk 3 dimensi dan hampir mirip dengan model aslinya dan Papercraft lebih membutuhkan banyak kertas ketimbang Origami. Untuk mem buat sebuah Papercraft selain bahan – bahan seperti kertas, gunting, dan perekat, diperlukan juga sebuah desain pola dari karakter atau benda yang ingin kita buat Papercraftnya. Pada saat ini untuk mendesain sebuah pola Papercraft banyak digunakan aplikasi – aplikasi pendukung seperti Adobe Illustrator dan 3DS MAX, serta melalui aplikasi pendesain Papercraft langsung seperti Pepakur Designer. Namun, kebanyakan aplikasi perancang Papercraft yang sudah ada sangat susah untuk dioprasikan oleh anak – anak. Dari permasalahan yang ada tersebut, maka dibuatlah sebuah aplikasi yang memungkinkan untuk para anak dalam berkreasi membuat sebuah karakter Papercraft. Aplikasi yang dibuat merupakan sebuah aplikasi multimedia untuk anak – anak yang memiliki beberapa proses, yaitu proses pendesainan karakter dan proses pencetakan pola Papercraft. Dalam proses pendesainan Papercraft, pengguna dapat memilih berbagai macam bentuk kepala, mata, hidung, mulut, badan, kaki, tangan, dan aksesoris ya ng sudah disediakan. Setelah melakukan proses pendesainan, pengguna dapat la ngsung mencetak hasil dari pola dan kemudian dapat dirakit menjadi sebuah Papercraft. Selain proses – proses tersebut aplikasi ini juga dirancang agar pengguna tidak mengalami kejenuhan dalam pendesainan dengan membuat desain tampilan yang cukup akrab dengan mereka dan menggunakan suara – suara lucu yang menarik untuk mereka. Melalui ujicoba yang terdiri dari demo aplikasi kepada anak – anak dan pengisian kuisioner oleh 25 orang responden yang terdiri dari orang tua siswa, orang yang sering berinteraksi dengan anak, dan beberapa anak seusia SD, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat membantu pengguna dalam mendesian sebuah Papercraft. Fitur dan jenis komp onen untuk merancang Papercraft juga sudah mencukupi kebutuhan. Aplikasi ini juga sangat mudah untuk dioprasikan oleh siapa saja, khususnya anak – anak.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Pembuatan Aplikasi, Perancangan Model, Papercraft
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Radiyanti 201032
Date Deposited: 07 May 2014 07:00
Last Modified: 07 May 2014 07:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13386

Actions (login required)

View Item View Item