Studi Pendahuluan Penetapan Kadar Hg pada Rambut Anak Autis dan Anak tidak Autis Secara Atomic Asorption Spectrophotometry (AAS)

Songalin, Claudia Stevanie (2008) Studi Pendahuluan Penetapan Kadar Hg pada Rambut Anak Autis dan Anak tidak Autis Secara Atomic Asorption Spectrophotometry (AAS). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
F_2477_Abstrak.pdf

Download (38Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/134630

Abstract

Semakin meningkatnya jumlah penyandang autis saat ini merupakan masalah bagi para orangtua karena menyangkut tumbuh kembang anak. Beberapa teori yang didasari penelitian ilmiah telah dikemukakan untuk mencari penyebab dan proses terjadinya autis. Kecurigaan peran Hg pada autis dikemukakan oleh Dr. Bernard Rimland dari Autism Research Institution San Diego, yang berbicara ke Senat AS tentang hal ini. Hg dapat menyebabkan masalah kesehatan pada manusia, salah satunya dengan cara menyerang sistem otak. Hg diserap ke dalam sel darah merah dan Hg juga dijumpai dalam rambut. Pada penelitian ini, sampel rambut dikumpulkan dari 12 anak penderita autis 3 anak non-autis. Pengisian kuesioner bertujuan untuk mendapatkan data pendukung seperti usia dan perilaku autistik. Penetapan kadar Hg pada rambut anak autis dan non-autis dilakukan menggunakan metode digesti dan diamati dengan alat AAS. Dari penelitian yang dilakukan didapat kadar Hg pada rambut anak autis yaitu antara 0,66 μg/g sampai 4,73 μg/g sedangkan kadar Hg pada rambut anak non-autis yaitu antara 0,5 μg/g sampai 1,49 μg/g. Kata kunci : Hg, rambut, AAS, autis.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kadar Hg, rambut anak
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 07 May 2014 07:46
Last Modified: 07 May 2014 07:46
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13418

Actions (login required)

View Item View Item