Pengaruh Seduhan Daun Katuk (Sauropus Androgynus (L.) Merr.) terhadap Proses Spermatogenesis dan Respon Androgenik Anak Ayam Jantan Usia 8 Minggu (2 Bulan)

Aini, Firdha Nur (2011) Pengaruh Seduhan Daun Katuk (Sauropus Androgynus (L.) Merr.) terhadap Proses Spermatogenesis dan Respon Androgenik Anak Ayam Jantan Usia 8 Minggu (2 Bulan). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
F_3298_Abstrak.pdf

Download (61Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/226419

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk menguji pengaruh daun katuk (Sauropus androgynus (L.) Merr.) terhadap proses spermatogenesis dan respon androgenik anak ayam jantan usia 2 bulan. Untuk menguji respon androgenik berdasarkan pertumbuhan jengger dan berat badan digunakan metode droffman, sedangkan untuk menguji proses spermatogenesis digunakan metode histologi. Daun katuk mengandung senyawa androstan 17 one, 3-ethyl-3-hydroxy-5 alpha dan senyawa steroid yang diduga dapat digunakan untuk respon androgenik dan menghambat proses spermatogenesis. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji kuantitatif yaitu dengan meningkatkan pertumbuhan jengger anak ayam jantan white leghorn dan menurunkan jumlah proses spermatogenesis. Pengamatan dilakukan selama 14 hari, dan pada hari ke-15 anak ayam jantan dikorbankan untuk diambil jengger dan testisnya. Analisis statistik yang digunakan adalah anova one way untuk mengetahui signifikansi perbedaan efek antara kelompok kontrol, kelompok uji 1 (0,1 g/kg), kelompok uji 2 (0,2 g/kg), kelompok uji 3 (0,3 g/kg). Dari hasil analisis statistik menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kelompok kontrol dengan kelompok uji 3 (0,3 g/kg), sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian seduhan daun katuk dengan dosis 0,3 g/kg dapat meningkatkan hormon androgen dan menghambat proses spermatogenesis.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Seduhan daun katuk, anak ayam jantan, spermatogenesis, respon androgenik
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 07 May 2014 08:00
Last Modified: 07 May 2014 08:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13427

Actions (login required)

View Item View Item