Pengaruh Faktor-faktor Intercustomer Social Support Terhadap Faktor-faktor Customer Voluntary Performance Di Universitas Surabaya

ANDYWINATA, SINDY FRANSISCA AGUSTIN (2014) Pengaruh Faktor-faktor Intercustomer Social Support Terhadap Faktor-faktor Customer Voluntary Performance Di Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5448_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5448_Abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/235640

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor intercustomer social support yang terdiri dari social emotional support dan instrumental support terhadap faktor-faktor customer voluntary performance yang terdiri dari customer participation, customer cooperation, customer loyalty, customer empathy, dan customer responsibility di Universitas Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode path analysis, yang diolah dengan software LISREL 8.70. Sebanyak 227 responden yang ikut berpartisipasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Ubaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling, dan jenisnya adalah simple random sampling. Skala pengukuran untuk variabel eksogen (social emotional support dan instrumental support) menggunakan skala numerik dengan skor 1 s.d 4, sedangkan untuk variabel endogen (customer participation, customer cooperation, customer loyalty, customer empathy, dan customer responsibility) menggunakan skala likert 7 poin dengan skor 1 s.d 7. Dalam penelitian ini juga dilakukan uji validitas dan reliabilitas alat ukur, standarisasi data, uji model pengukuran dan uji model struktural. Hasil dari penelitian ini, yaitu: (1) Model yang dikembangkan sesuai dengan data penelitian, karena memiliki nilai goodness of fit yang cukup baik yaitu 0,08. (2) Variabel social emotional support mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap semua variabel endogen dengan koefisien path 0,70 untuk customer participation, 0,85 untuk customer cooperation, 0,70 untuk customer loyalty, 0,78 untuk customer empathy, dan 0,83 untuk customer responsibility. (3) Variabel instrumental support tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel endogen customer participation, customer cooperation, dan customer responsibility.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: social support, intercustomer support, customer voluntary performance, empathy, responsibility
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 08 May 2014 05:35
Last Modified: 08 May 2014 05:36
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13536

Actions (login required)

View Item View Item