Analisis Key Success Factor dalam Mendukung Strategi Bersaing Differentiation pada CV Jaya Abadi di Jombang

WIJAYA, CANDRA (2011) Analisis Key Success Factor dalam Mendukung Strategi Bersaing Differentiation pada CV Jaya Abadi di Jombang. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_2990_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_2990_Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/226084

Abstract

Saat ini permintaan terhadap tali rafia semakin meningkat. Hal itu menyebabkan para pelaku bisnis melirik usaha ini. Dengan semakin banyaknya industri tali rafia yang bermunculan, tiap-tiap badan usaha dituntut untuk memiliki strategi bersaing yang tepat sehingga dapat mencapai keunggulan bersaing dalam lingkungan persaingan. Strategi bersaing bertujuan untuk menentukan posisi badan usaha dalam suatu industri sehingga badan usaha tersebut dapat bertahan dalam menghadapi persaingan. Menurut Porter (1998) terdapat 3 strategi generik untuk mencapai keunggulan bersaing yaitu cost leadership, differentiation, dan focus. Dalam menentukan strategi bersaing, badan usaha harus menganalisis 5 faktor persaingan yang meliputi intensity of rivalry among existing competitor, threat of entry, bargaining power of buyers, bargaining power of supplier, dan pressure from substitute product. Kekuatan badan usaha dalam 5 faktor persaingan tersebut dapat membantu menentukan strategi bersaing yang tepat. Setelah mengetahui strategi bersaing yang tepat, badan usaha dapat mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang merupakan kunci keberhasilan badan usahanya. Faktor-faktor tersebut dinamakan key success factor. Identifikasi key success factor dilakukan berdasarkan kerangka kerja Grant yang melakukan analisis terhadap permintaan, pelanggan, dan persaingan. Horngren, dkk (2006) mengkategorikan key success factor menjadi 4 variabel yaitu cost & efficiency, quality, time, dan innovation. Penelitian ini dilakukan pada CV “JAYA ABADI” yang merupakan badan usaha yang memproduksi tali rafia di Jombang. Selama ini CV “JAYA ABADI” hanya berfokus pada peningkatan penjualan. CV “JAYA ABADI” berusaha mempertahankan kualitas yang lebih baik dari kompetitornya. CV “JAYA ABADI” tidak memikirkan strategi-strategi yang digunakan oleh kompetitornya. Hal tersebut lama kelamaan bisa memunculkan resiko terhadap kelangsungan hidup badan usaha dalam jangka panjang. CV “JAYA ABADI” perlu mengidentifikasi key success factor yang dimilikinya dan menonjolkannya sehingga bisa mempertahankan keunggulan bersaing. Selain itu CV “JAYA ABADI” juga harus selalu menyesuaikan key success factor yang dimilikinya dengan perubahan yang terjadi.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Cost Leadership, Differentiation, Focus, Intensity of Rivalry Among Existing Competitor
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 08 May 2014 06:34
Last Modified: 08 May 2014 06:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13554

Actions (login required)

View Item View Item