Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Tindakan Dan Hasil Dalam Mengatasi Masalah Motivasi Karyawan Bagian Pemasaran Dan Reparasi UD X

Tanuwijaya, Yessy Amalia (2006) Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Tindakan Dan Hasil Dalam Mengatasi Masalah Motivasi Karyawan Bagian Pemasaran Dan Reparasi UD X. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_2012_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_2012_Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152851

Abstract

Pada negara berkembang seperti Indonesia, sumber daya manusia merupakan sumber daya terbesar dan paling banyak digunakan. Sumber daya manusia selain merupakan sumber daya yang paling penting dalam badan usaha karena berperan sebagai pelaksana, juga merupakan sumber daya yang paling sulit untuk dikendalikan. Oleh karena itu, badan usaha besar maupun kecil berusaha untuk mengendalikan tenaga kerja yang dimilikinya melalui suatu sistem pengendalian. Dalam suatu badan usaha, pengendalian merupakan salah satu fungsi yang sangat penting karena pengendalian tersebut adalah alat manajemen untuk memastikan bahwa badan usaha dapat mencapai tujuannya Setiap badan usaha memiliki tujuan yang harus dicapai dan mengharapkan individu untuk menghasilkan kinerja yang baik. Dalam hal ini tujuan badan usaha dan karyawan haruslah selaras agar tujuan badan usaha dapat tercapai. Pada penulisan skripsi ini akan dibahas mengenai sistem pengendalian tindakan dan hasil yang diterapkan UD 'X' dalam mengatasi masalah motivasi karyawan bagian pemasaran dan reparasinya UD 'X' merupakan badan usaha yang bergerak di bidang reparasi onderdil mobil ataupun mesin. Dalam menjalankan aktivitas operasionalnya, UD 'X' menerapkan sistem pengendalian tindakan dan hasil terhadap para karyawannya, khususnya terhadap karyawan bagian pemasaran dan reparasi. Penerapan sistem pengendalian tindakan dan hasil ini bertujuan untuk mengatasi masalah - masalah motivasi yang ada sehingga dapat meningkatkan motivasi kelja para salesman dan tukang reparasi. Walau demikian, dengan sistem pengendalian yang diterapkan selama ini, UD 'X' masih belum mampu mengatasi masalahmasalah motivasi yang terjadi pada para salesman dan tukang reparasi, seperti kecenderungan untuk bekerja dengan santai, tidak termotivasinya salesman dalam mencapai target omzet, kecenderungan untuk melakukan kesalahan, kejenuhan dalam bekelja ataupun menurunnya motivasi kerja karyawan. Hal ini disebabkan karena masih adanya keterbatasan dan kelemahan - kelemahan dalam pelaksanaan sistem pengendalian tindakan dan basil UD 'X' berupa pemberian reward dan punishment yang tidak sesuai, kurangnya pengawasan dari atasan, tidak adanya standard tertentu untuk memberikan kenaikan gaji ataupun tidak adanya pedoman tertulis yang jelas kepada para salesman maupun tukang reparasi. Suatu pengendalian dikatakan efektif jika pengendalian terse but mampu menyelesaikan permasalahan - permasalahan yang terjadi dan membantu badan usaha dalam mencapai tujuannya Untuk mengatasi permasalahan yang teljadi di UD 'X', penulis memberi rekomendasi untuk perbaikan sistem pengendalian tindakan dan hasil dengan mengacu pada masalah - masalah motivasi salesman dan tukang reparasi yang ditemukan. Perbaikan - perbaikan tersebut antara lain perlu adanya review terhadap target omzet dan reward

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 09 May 2014 03:20
Last Modified: 09 May 2014 03:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13683

Actions (login required)

View Item View Item