Aplikasi Metode Poka-yoke pada Proses Layanan Cetak Foto Prima Digital Image Service Malang

TJAN, MEILLIANI (2012) Aplikasi Metode Poka-yoke pada Proses Layanan Cetak Foto Prima Digital Image Service Malang. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5098_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5098_Abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/227685

Abstract

Dengan proses layanan yang saling terintegrasi pada layanan cetak foto di Prima Digital Image Service Malang, ternyata masih terdapat berbagai masalah yang menyebabkan adanya cetak ulang. Sehingga dibutuhkan cara agar dapat menyelesaikan masalah yang terjadi dan memperbaiki kualitas layanan yang ada. Tujuan dan manfaat studi ini adalah untuk menerapkan metode poka-yoke yang dapat digunakan untuk mengantisipasi kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dan yang akan mungkin terjadi pada layanan cetak foto di Prima Digital Image Service Malang. Dari segi akademis penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan atau referensi baik bagi penelitian lebih lanjut ataupun pendalaman pengetahuan terkait dengan poka-yoke. Penelitian ini menggunakan metode poka-yoke. Prima Digital Image Service Malang merupakan objek dari penelitian ini. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan pada proses layanan cetak foto yang kemudian dianalisa dan dicari kemungkinan kegagalan (failure) yang terjadi atau yang sudah terjadi. Setelah ditemukan kegagalan (failure) maka mulai dicari alternatif-alternatif pemecahan untuk mencegah kesalahan yang akan terjadi dan aktivitas atau tindakan pada kesalahan yang telah terjadi dengan menggunakan metode poka-yoke. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses layanan cetak foto pada Prima Digital Image Service Malang yang terlihat begitu mudah dan tidak rumit, tetap saja bukanlah suatu proses yang terjadi tanpa kesalahan. Masih terdapat berbagai masalah yang terjadi dan mungkin terjadi. Dengan semua masalah yang terjadi memberikan dampak yang kurang baik berupa pemborosan yang disebabkan adanya cetak ulang serta kinerja proses layanan Prima Digital Image Service Malang dalam memberikan layanan yang terbaik untuk konsumennya menjadi tidak tercapai. Masih banyak hal yang harus diperbaiki oleh Prima Digital Image Service Malang untuk meningkatkan kualitas layanan yang ada. Salah satunya dengan memperbaiki sistem dari form order.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Poka-yoke, failure, photo printing, Prima Digital Image Service Malang
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 10 May 2014 23:18
Last Modified: 10 May 2014 23:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13755

Actions (login required)

View Item View Item