Pengaruh Objective Pricing Tactic Persuasion Knowledge, Experience with Pricing Tactic dan Usia, pada Subjective Pricing Tactic Persuasion Knowledge Pelanggan Carrefour di Surabaya

PAOHANTO, LUCKY (2012) Pengaruh Objective Pricing Tactic Persuasion Knowledge, Experience with Pricing Tactic dan Usia, pada Subjective Pricing Tactic Persuasion Knowledge Pelanggan Carrefour di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5100_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5100_Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/227723

Abstract

Perkembangan industri ritel di Indonesia, khususnya Hypermarket bertumbuh sangat pesat. Berbagai Hypermarket menerapkan bermacam-macam taktik penetapan harga, dimana hal ini berdampak pada pengetahuan dan pengalaman konsumen terkait dengan taktik penetapan harga tersebut. Secara konseptual, pengetahuan konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga terbagi menjadi 2, yaitu pengetahuan objektif dan pengetahuan subjektif. Pengetahuan objektif mencerminkan pengetahuan konsumen yang akurat tentang berbagai taktik penetapan harga yang diterapkan oleh pemasar, sedangkan pengetahuan subjektif mencerminkan pengetahuan konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga yang didasarkan pada penialian konsumen secara subjektif. Pengalaman konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga terdiri dari pengalaman konsumen dalam melihat dan membeli produk-produk yang ditawarkan dengan taktik penetapan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan membuktikan pengaruh pengetahuan objektif terhadap pengetahuan subjektif konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga, serta pengaruh pengalaman konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga terhadap pengetahuan objektif dan subjektif konsumen tersebut. Penelitian ini dilakukan di Carrefour Surabaya. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 174 responden, dimana survai dilakukan di Carrefour Golden City, Carrefour BG Juction, dan Carrefour Ngagel. Analisis penelitian yang digunakan adalah metode regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan objektif konsumen Carrefour tentang berbagai taktik penetapan harga berpengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan subjektif tentang berbagai taktik penetapan harga konsumen tersebut, usia konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan objektif konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga, pengalaman konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga berpengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan objektif dan subjektif konsumen, dan pengalaman konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga berpengaruh signifikan terhadap hubungan antara pegetahuan objektif dan subjektif konsumen. Hubungan antara pengetahuan objektif dan subjektif konsumen akan semakin lemah dengan adanya pengalaman konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga yang tinggi.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: taktik penetapan harga, pengetahuan objektif konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga, pengetahuan subjektif konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga, pengalaman konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 10 May 2014 23:36
Last Modified: 10 May 2014 23:36
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13757

Actions (login required)

View Item View Item