Implementasi Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode Statistik di PT. Pancakarya Telecomindo Surabaya

NANDA, PAUNDRA VIVEKA (2012) Implementasi Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode Statistik di PT. Pancakarya Telecomindo Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5109_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5109_Abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/227733

Abstract

Negara Indonesia menempati urutan ke empat pada daftar jumlah penduduk terbanyak di dunia. Dengan penduduk yang berjumlah 238.315.176 jiwa, tentu sangat dibutuhkan komunikasi untuk menjalin hubungan antar penduduk yang ada. Dalam kaitannya dengan dunia bisnis, komunikasi menjadi hal yang utama dalam menjalin relasi agar bisnis dapat berjalan lancar. Hal ini lah yang mendasari pesatnya jumlah pengguna seluler di Indonesia. Pesatnya jumlah pengguna seluler di Indonesia diikuti pula dengan pesatnya perkembangan bisnis di bidang jasa telekomunikasi Pertumbuhan angka yang begitu drastis dari tahun ke tahun pada industri telekomunikasi tidak semata-mata hanya ditentukan oleh fungsi, penampilan dan harga saja. Namun kualitas berperan sebagai keunggulan kompetitif di dalamnya, akibatnya kualitas produk pada PT Pancakarya Telecomindo menjadi kunci yang dapat membawa keberhasilan bagi tujuan perusahaan dan juga meningkatkan daya saing terhadap pengusaha lain yang memproduksi produk sejenis. Maka penelitian ini dilakukan untuk untuk menerapkan pengendalian kualitas metode statistik pada proses produksi di PT Pancakarya Telecomindo. Alat statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Check Sheet, Pareto Chart, Peta Kendali, Diagram Sebab-Akibat, Tabel FMEA (Failure Mode Effect Analysis). Hasil penelitian menemukan bahwa proses produksi Tower 4 Kaki dalam keadaan terkendali namun masih melebihi batas toleransi yang ditetapkan oleh perusahaan. Maka dari itu dirancang format Check Sheet yang baru untuk tiap-tiap departemen produksi, Pareto Chart untuk mengidentifikasi kecacatan yang paling sering muncul, Peta kendali untuk mengetahui apakah produk berada dalam keadaan terkendali atau tidak, Diagram sebab-akibat yang merincikan penyebab terjadinya kecacatan pada tiap proses produksi dari sisi sumber daya manusia, bahan baku, mesin, metode, dan lingkungan. Sebab-sebab ini kemudian dicari rekomendasinya dan diperingkat berdasarkan nilai RPNnya (Risk Priority Number) sehingga diketahui konsep perbaikan mana yang paling penting bagi PT Pancakarya Telecomindo. Berdasarkan nilai RPN dalam Tabel FMEA, konsep perbaikan yang paling penting untuk dilakukan adalah memberikan pengawasan lebih ketat saat proses produksi berlangsung serta memberikan pengertian pada karyawan akan pentingnya kualitas agar produk andalan PT Pancakarya Telecomindo yakni Tower 4 Kaki, tidak mengalami kecacatan di luar batas toleransi perusahaan yaitu sebesar 2%.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: PT. Pancakarya Telecomindo, Pengendalian Kualitas, Metode Statistik
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 11 May 2014 04:17
Last Modified: 11 May 2014 04:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13766

Actions (login required)

View Item View Item