CAHYONO, WILLIAM (2012) Pembuatan Sistem Informasi Pembelian, Penjualan dan Stok pada Warna Indah Advertising. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TI_1539_Abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
Warna Indah Advertising adalah sebuah perusahaan jasa pembuatan advertising. Sistem penerimaan pesanan, pengerjaan pesanan, transaksi pembelian, stok bahan, pencatatan hutang dan piutang masih cukup sederhana dan manual. Dengan sistem yang ada sa at ini, pihak perusahaan sering mengalami kesulitan dalam melakukan pengecekan. Contohnya dalam satu waktu ada pelanggan yang ingin memesan produk dengan spesifikasi dan harga yang sama dengan saat pelangga n tersebut memesan satu tahun yang lalu, hal ini tentu akan memberikan kesulitan bagi pihak perusahaan yang jarus mengecek secara manual satu per satu terhadap buku penerimaan pesanan. Selain itu kesulitan yang kerap kali terjadi adalah proses pengecekan pengerjan pesanan, karena perusahaan Warna Indah Advertising memperkerjakan cukup banyak tukang, yang memiliki keahlian masing- masing. Kesulitan juga terjadi dalam proses pengecekan pembelian dan stok bahan, serta hutang dan piutang, yang selain menghabiskan banyak waktu dan tenaga juga rawan kesalahan karena human error . Dalam membantu meningkatkan kinerja perusahaan dan mengatasi masalah permasalahan perusahaan, pe rlu dibuat sebuah sistem informasi pembelian, penjualan, stok dan pengerjaan pesanan pada Warna Indah Advertising. Setelah melakukan analisis, desain, implementasi sistem dan melakukan uji coba serta evaluasi maka program aplikasi ini selesai dibuat. Pada tahap uji coba dan evaluasi tersebut program aplikasi dicoba sendiri oleh pihak perusahaan dengan cara membuat skenario berdasarkan kejadian sesengguhnya, dan saat ini program aplikasi ini telah diterapkan dalam perusahaan tersebut. Setelah melakukan sesi tanya jawab terhadap beberapa orang yang berkepentingan dari pihak perusahaan, dapat disimpulkan bahwa program aplikasi ini sangat membantu perusahaan dalam menjalankan administrasinya dan dalam pelayanan terhadap customer serta dapat membuat laporan menjadi lebih mudah dan cepat.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Advertising, human error, customer |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Radiyanti 201032 |
Date Deposited: | 12 May 2014 01:20 |
Last Modified: | 12 May 2014 01:20 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13788 |
Actions (login required)
View Item |